Tips Memilih Jajanan Sehat Anak di Sekolah

ilustrasi bekal anak
Sumber :
  • wallpapers2015

VIVA.co.id - Jajanan anak di sekolah sangat beragam. Untuk itu, ibu harus memerhatikan komposisi kandungan nutrisi di dalamnya, karena kini banyak beredar, kandungan bahan tambahan pangan berbahaya.

Baca juga:

Tips Cermat Pilih Jajanan Sehat untuk Si Kecil

Kepala SD dan PLB Dinas Pendidikan DKI Jakarta Dr. Kanti Herawati menjelaskan, berdasarkan data, jumlah anak yang jajan di kantin ada 69 persen. Sedangkan 28 persen memeroleh makanan dari penjaja makanan di sekitar sekolah.

"Ini terjadi, karena tampilan jajanan di luar sekolah menarik, membuat anak cenderung jajan di luar sekolah," katanya, dalam acara Cermati Kandungan Nutrisi dalam Jajanan Anak di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 17 September 2015.

Polisi Pastikan Mainan Anak di Bekasi Bukan Kondom

Kanti menambahkan, peran orangtua sangat besar untuk membentuk pola pikir anak, untuk mau memilih makanan baik. Karenanya, ibu harus mendidik si kecil agar mengubah selera jajan mereka. Berikut tipsnya:

Selektif memilih tempat jajan


Mengajarkan anak untuk bisa memilih tempat jualan makanan yang bersih, terhindar dari matahari, debu, hujan, dan asap kendaraan bermotor. Hindari pula jajanan yang dijual di tempat terbuka, tanpa penutup atau tidak dilindungi kemasan.

Cari yang ada pembungkusnya

Ajarkan anak tidak terbiasa membeli makanan atau jajanan yang dibungkus memakai kertas seadanya, apalagi koran bekas.

Bekal

Orangtua harus mengedukasi anak agar selalu memilih jajanan yang aman. Salah satunya dengan membawa bekal yang disiapkan sendiri.

Gizi seimbang

Jajanan harus memenuhi keseimbangan gizi untuk tubuh beraktivitas. Vitamin, mineral, protein dan lemak seimbang.

Menu harus berganti


Nasihati anak agar tidak memilih satu jenis makanan saja. Tidak ada makanan yang sempurna dan mampu memenuhi seluruh kebutuhan gizi. Jadi makanan memang harus bervariasi.

(mus)

Penyakit Ini Hantui Anak yang Konsumsi Jajanan Mirip Kondom
Karya seni dari bekal makan siang.

Ketahui Manfaat Kebiasaan Membawa Bekal

Mulai dari hemat hingga mengurangi sampah.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2016