Wajib Tahu, Beberapa Gejala Kanker Hati

Ilustrasi kanker usus besar.
Sumber :
  • http://beritatrendz.blogspot.com
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Kanker hati adalah salah satu momok yang menakutkan bagi semua orang. Apalagi, fakta bahwa kanker hati jenis karsinoma hepatoseluler (HCC) merupakan kanker nomor empat yang paling sering terjadi di dunia dan salah satu dari dua penyebab utama kematian akibat kanker di Asia. Demikan menurut data Organisasi Kesehatan Dunia tahun 2013.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Menurut Dokter Ahli Penyakit Hati Gleneagles Hospital Singapura, Dr Cheah Yee Lee, kanker hati sering dijuluki sebagai pembunuh diam-diam karena tidak adanya gejala yang ditunjukkan pasien saat pertama kali menderita prnyakit ini.

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
"Kanker hati stadium awal biasanya tanpa gejala dan sulit didiagnosa tanpa screening rutin. Pada stadium lanjut, baru lah muncul beberapa gejala," ujar Cheah saat ditemui beberapa waktu lalu.

Gejala yang paling dikenal orang adalah bagian tubuh yang berubah menjadi berwarna kuning, mulai dari kulit, mata hingga kuku. Inilah yang menyebabkan penyakit hati seringkali disebut dengan penyakit kuning.

Hal itu terjadi karena rusaknya fungsi hati, di mana terlalu banyak bilirubin (pigmen warna kuning) dalam darah.

Bilirubin terbentuk ketika sel darah merah didaur ulang. Bilirubin dibawa darah ke hati, kemudian masuk ke tubuh melalui saluran pencernaan dan dibuang melalui tinja. 

"Pada penderita kerusakan hati, bilirubin mereka tidak bisa dipindahkan melalui hati sehingga menumpuk di darah dan tersimpan di kulit dan mata, mengakibatkan warna kuning," jelas Cheah.

Tak hanya bagian tubuh yang berubah menjadi warna kekuningan, ada sederet gejala lain yang sering ditunjukkan oleh para penderita kanker hati stadium lanjut. Berikut ini di antaranya.

1. Nyeri di perut kanan atas (nyeri dapat menjalar ke punggung dan bahu).

2. Pembengkakan perut yang disebabkan oleh ascites (penumpukan cairan di perut).

3. Merasa sebah atau kembung setelah makan.

4. Penurunan berat badan yang mendadak dan sulit dijelaskan.

5. Demam tinggi, lelah, mual dan muntah.

6. Tinja berwarna pucat.

7. Mendadak memburuknya kesehatan pasien hepatitis kronis atau sirosis.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya