Tiga Alasan Mengapa Kita Mudah Lelah dan Lemas

ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id - Selain kurang tidur, ternyata ada penyebab lain yang membuat kita mudah lelah dan lemas dalam melakukan aktivitas keseharian. Dikutip dari Health.com, berikut ini adalah tiga alasan mengapa manusia jadi lebih mudah lelah dari biasanya.

Baca juga:

1. Kita tidak cukup mengasup air putih

Tujuh Penyebab Cepat Lelah yang Tak Anda Sadari

Amy Goodson, RD, ahli diet dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine menjelaskan, kekurangan dua persen asupan air putih saja sehari, sudah sanggup membuat energi kita berkurang. Bahaya lain dari kurang minum, membuat cairan darah kental, membuat kerja jantung semakin berat, dan oksigen serta nutrisi jadi makin sulit mencapai otot dan organ penting lainnya.

2. Tidak cukup mengonsumsi zat besi

Tahukah Anda, kekurangan zat besi akan menyebabkan manusia menjadi lamban, mudah marah, lemah, dan sulit fokus. “Hal ini juga membuat Anda mudah lemas, karena nyakurang oksigen yang mengalir ke otot dan sel lain,” terang Goodson.

Tingkatkan asupan zat besi untuk menghindari anemia, caranya dengan melahap daging sapi tanpa lemak, kacang merah, tahu, telur (termasuk kuningnya), sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, dan selai kacang, yang dipadu makanan yang memiliki kadar vitamin C tinggi.

3. Meremehkan sarapan

Cara Atasi Lelah di Tengah Kesibukan Kerja

Apapun yang kita makan saat malam akan mengisis energi tubuh, nah saat kita tidur, tubuh tetap menggunakannya  untuk memompa darah dan pergerakan oksigen. Maka saat bangun tidur, seharusnya anda mengganti energi yang terpakai dengan sarapan. Melewatkan sarapan maka anda mmebiarkan tubuh merasa lemas.

Goodson menjelaskan, sarapan itu seperti memercikkan api guna mendingkark metabolisme tubuh. Ia sarankan sarapan yang baik adalah yang mencantumkan menu biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. (asp)

Pria migrain.

Dokter, Kenapa Saya Mudah Sekali Capek?

Rasa lelah bukan sekadar alarm bagi tubuh untuk berhenti beraktivitas.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2015