Jaga Berat Badan, Cara Mudah Hindari Kanker

Kanker paru-paru.
Sumber :
  • www.medis.web.id
VIVA.co.id
Lima Cara Makan Ini Bantu Turunkan Berat Badan
- Kanker, adalah salah satu penyakit menakutkan. Pemicu dan kesadaran masyarakat yang kurang, menjadikan penyakit ini tak terdeteksi dan sering terlambat ditangani.

Benarkah Kafein Mampu Turunkan Berat Badan?

Baca juga:
Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin


Namun, sebuah penelitian yang dilakukan World Cancer Research Fund, menyatakan bahwa ada cara mudah menghindari penyakit kronik seperti kanker, salah satunya dengan mengecilkan lingkar perut.


"Perut buncit, maupun berat badan berlebih, bisa menjadi salah satu pemicu datangnya kanker. Terlebih bila buncit yang terjadi diakibatkan konsumsi minuman beralkohol dan makanan tak sehat lain," ujar salah satu peneliti.


Dilansir dari
Daily Mail
, selain menjauhkan manusia dari risiko kanker, menjaga berat badan juga bisa menjauhkan risiko penyakit lain, seperti diabetes dan serangan jantung. "Kadar lemak berlebih dalam tubuh, bisa menyebabkan berbagai komplikasi, yang tak bisa dianggap remeh tentunya," dia menambahkan.


Tak hanya kesehatan fisik, namun kesehatan seksual juga bisa terganggu, dengan kadar lemak berlebih dalam tubuh. "Lemak berlebih bisa memengaruhi kerja hormon estrogen, yang membuat kesehatan seksual terganggu, dan dapat memunculkan kanker payudara," ungkapnya.


Untuk itu, kunci menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan risiko penyakit berbahaya, adalah bergerak aktif dan rutin melakukan olahraga. Imbangi pula upaya tersebut dengan konsumsi makanan sehat yang didominasi buah dan sayur, yang kaya antioksidan, sehingga baik untuk membangun sistem pertahanan tubuh. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya