Ini Efek pada Tubuh Setelah Makan Junk Food

Junk food
Sumber :

VIVA.co.id - Makanan cepat saji, saat ini sudah semakin menjamur di Indonesia. Makanan ini pun, digemari berbagai lapisan masyarakat mulai dari yang tua hingga muda.

Baca juga:

Namun, tahukah Anda efek yang terjadi pada tubuh setelah makan makanan cepat saji? Jika belum, mungkin rasa penasaran Anda akan terbayar oleh penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, yang mengungkap dampak memakan salah satu menu hamburger di restoran cepat saji ternama dunia.

Dilansir dari Daily Mail, peneliti dari Fast Food Menu Price di Amerika Serikat, menyatakan bahwa mengonsumsi salah satu hamburger dari restoran cepat saji ini, dapat memberikan dampak berbeda di waktu berbeda.

"Di sepuluh menit pertama setelah memakan hamburger ini, Anda akan mengalami dehidrasi, kembalinya rasa lapar, dan melambatnya sistem cerna," ujar seorang peneliti.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Efek berbeda, terjadi pada tubuh setelah 20 menit mengonsumsi makanan itu. Yang terjadi adalah meningkatkan kadar fruktosa dalam tubuh, yang menimbulkan efek adiktif, dan membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Setelah 40 menit, kadar gula dalam darah akan mulai meningkat, dan kandungan sodium tingginya, mulai memberikan pengaruh pada tubuh. "Kadar sodium yang tinggi akan membuat ginjal bekerja ekstra keras untuk mencernanya. Jika kualitas ginjal buruk, tubuh akan merasakan dampaknya," ujarnya.

Pada umumnya, dalam kurun waktu kurang lebih 60 menit, makanan sudah mudah habis tercerna oleh tubuh. Namun, berbeda dengan makanan cepat saji yang satu ini, yang bisa menghabiskan waktu yang cukup lama untuk tercerna dengan baik.

Selain sulit tercerna, efek jangka panjang dari konsumsi makanan cepat saji, juga dapat memengaruhi kerja insulin dalam tubuh. Kondisi ini yang membuat konsumsi junk food secara berlebihan dapat berujung pada risiko diabetes.

Untuk itu, solusi terbaiknya dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Pilihlah makanan segar dan bahan yang juga segar. Agar kualitas makan terjaga dan kesehatan Anda tak jadi taruhannya.

Gambar Utama

Junk Food Bikin Otak Anda Pikun dalam Seminggu

Sudah saatnya Anda berhenti mengonsumsi makanan sampah ini.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2015