Tiga Faktor yang Memengaruhi Kesuburan Wanita

Ilustrasi wanita hamil
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Buat yang telah menikah namun belum juga dikaruniai buah hati, jangan berkecil hati. Jika dokter menyatakan Anda dan suami sehat, itu artinya kalian hanya tinggal harus bersabar.

Ramal Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Hard Gumay: Pokoknya Selesai

Namun dari sisi kesehatan, memangĀ  ada beberapa hal yang memengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita. Lalu apa saja itu, simak ulasannya yang dikutip dari Health.com:

Baca juga:

Kegemukan


William Schlaff, MD dari Jefferson Medical College, Philadelphia, menjelaskan, semakin gemuk seorang wanita maka hormon reproduksinya bisa semakin terpengaruh, dan ini akan membuat mereka jadi sulit hamil.

Makin gemuk dia, maka makin terancam fungsi kerja ovariumnya. Penelitian ini lalu diterbitkan dalam studi tentang Fertility and Sterility, yang menyatakan bahwa, wanita yang sudah mulai gemuk di usia 18 tahun, akan mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS) dan ini akan mengganggu kesuburan.

PCOS sendiri, adalah masalah hormon yang paling sering terjadi, dan menduduki rating tertinggi dalam masalah terganggunya kesuburan wanita.

Terlalu kurus

Kegemukan berbahaya, namun kekurusan ternyata juga membawa efek serupa. Hal ini terjadi karena wanita terlalu kurus, disinyalir kekurangan leptin, hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang. Efek dari kurang leptin, membuat kurangnya periode menstruasi, demikian menurut penelitian yang dilakukan Harvard University tahun 2009.

Faktor usia

Saat wanita mulai mengalami menopause (biasanya di usia kepala empat atau lima) ia sudah tak lagi bisa berovulasi atau hamil. Namun dari pengalaman yang terjadi sebelumnya, masalah ketidak suburan tetap bisa terjadi meski belum menopause. Yakni ketika ovulasi mulai tidak teratur dan jumlah telur reproduksi menurun, ini sebuah kejadian yang disebut perimenopause.

Sebenarnya tak ada batasan pasti, kapan tingkat kesuburan seorang wanita akan menurun. Namun dokter menjelaskan, yang sering terjadi, wanita makin sulit hamil jika telah mencapai 35 tahun. Tentu hal ini bisa berbeda bagi setiap wanita, karena buktinya, ada juga orang yang mencapai angka 40 tahun, baru ia sulit hamil.

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing

Pernah Menjalani Operasi, Wanita akan Mudah Hamil

Jika menjalani operasi usus buntu atau amandel di usia mudanya.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016