Empat Manfaat Dengarkan Musik Bagi Kesehatan

Earphone dan Headphone Seksi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
9 Instrumen Musik yang Memiliki Kekuatan Mistis
- Musik, adalah hal yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Di manapun, dan kapanpun, musik pasti selalu ada di momen hidup kita. Namun, tahukah Anda bahwa musik juga dapat bermanfaat bagi kesehatan? Simak ulasannya dilansir dari
Everyday Health.

Terjun ke Musik, Ellino Gandeng Ade Govinda
Menyehatkan jantung
Jangan Remehkan Manfaat Rileksasi bagi Kesehatan

Penderita gangguan jantung, pasti mengalami kelainan dalam mengolah ritme jantung, yang berujung pada rasa cemas dan khawatir berlebih, yang justru memperparah gejala penyakit tersebut. Mendengarkan musik bisa membantu melepas rasa cemas tersebut dan membantu Anda menemukan ritme jantung, yang membuat jantung lebih optimal menjalani pengobatan.


Menurunkan tekanan darah


Manfaat sehat dari musik, juga bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, dengan mendengarkan musik kesukaan, dampaknya adalah teraturnya pola bernapas, tarikan napas lebih dalam, dan tekanan darah menurun. Dengarkanlah musik klasik dengan nuansa balada, ini bisa melemaskan otot tubuh dan dapat mengusir stres yang mengganggu.


Penghilang rasa sakit


Anda merasa lebih baik setelah mendengarkan musik saat galau? Hal ini bukan karena kekuatan ampuh dari lirik. Mendengarkan musik, memang bisa meredakan rasa sakit yang dialami, karena saat mendengarkan musik, tubuh secara alami melepaskan hormon oksitosin, yang akan membuat perasaan lebih baik dan rasa sakit menghilang.


Mengatasi depresi


Manfaat dari mendengarkan musik, juga membantu Anda melawan depresi. Hal ini karena mendengarkan musik dapat melepaskan hormon anti stres yang membuat depresi menghilang. Hal ini kemudian dapat mencegah Anda dari penyakit yang berkaitan dengan depresi seperti gangguan tidur dan penyakit jantung.


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya