Tanda Gangguan Tubuh saat Kecemasan Mendadak Datang

Ilustrasi usus buntu atau sistem pencernaan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kecemasan dadakan atau yang biasa dikenal dengan sebutan anxiety disorder, adalah gangguan yang membuat seseorang merasa cemas dan bimbang secara berlebihan. Hal ini, dapat berujung munculnya stres dan depresi.

Gangguan kecemasan, ternyata memiliki gejala yang bisa ditunjukkan oleh tubuh. Apa saja tandanya? Simak ulasannya dilansir dari AboutHealth.

Sakit kepala


Hal pertama yang dapat terjadi saat cemas, adalah serangan sakit kepala yang menyiksa. Hal ini karena, stres dan cemas berlebih dapat menimbulkan peradangan pada jaringan otak, ia pun mengganggu aliran darah dan membuat kepala pusing dan sakit.

Tegang otot

Anda yang terserang panik tiba-tiba, pasti akan merasa ketegangan pada otot di beberapa bagian tubuh. Biasanya, bagian yang terkena serangan adalah leher, punggung, dan sekitar tulang belakang. Jika mengalami hal ini, pulihkan dengan meditasi atau olahraga lain yang menenangkan otot.

Sesak napas

Ketika terserang gangguan cemas, beberapa gejala yang tampak adalah meningkatnya detak jantung dan tekanan darah, tubuh lama-kelamaan mengalami pengurangan oksigen. Hal ini dapat berujung pendeknya napas yang menyebabkan sesak. Oleh karena itu, mengatur napas dengan baik, bisa jadi salah satu cara meredakan serangan panik tiba-tiba.

Gangguan cerna

Beberapa dari Anda mungkin mengenal istilah butterfly on stomach, ini keadaan ketika seseorang merasa gugup dan cemas berlebih. Hal ini sebenarnya bukan ungkapan semata, karena saat cemas, organ cerna memang bisa merasakan gangguannya.

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya

Hal ini terjadi, karena terdapat saraf penghubung yang menyambungkan organ cerna dan otak, sesuatu yang bisa membuat otak dan lambung menangkap sinyal dan menimbulkan gejala tak wajar.

Ilustrasi panik

Anda Mudah Panik? Atasi dengan Cara Jitu Ini

Kenali gejalanya, lalu pelajari cara menghadapinya.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2015