Sudah Sarapan tapi Lemas, Apakah Ini Gejala Anemia?

Ilustrasi thalasemia.
Sumber :
  • Freewallpaper
VIVA.co.id
Mengenal Delapan Gangguan Darah
- Meski rajin sarapan, ternyata ada orang yang sering merasa lemas, mual dan pusing saat pagi hari. Hal ini, tentu akan mengganggung aktivitas harian, baik yang akan pergi ke kantor, atau ke sekolah dan kampus. Apakah ini masuk gejala anemia?

Cegah Anemia, Remaja Kini Butuh Tablet Penambah Darah

Tentang hal ini, dr. Deffy Leksani dari laman
Yang Wajib Diketahui Sebelum Hamil
Meetdoctor menjelaskan, mesti dilihat dulu, apakah orang itu merasa mudah lelah, sulit konsentrasi dan pucat ?


“Jika jawabannya ya, memang ada kemungkinan ia mengalami anemia. Jadi, ada baiknya segera periksa diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan mendalam melalui wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang lain, yang diperlukan untuk mencari penyebab masalah tersebut,” ujar sang dokter.


Gejala anemia memang perlu diwaspadai. Ia kondisi di mana seseorang kekurangan sel darah merah, atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) di dalam sel darah merah berada di bawah normal. Penyebab anemia yang paling umum adalah kehilangan banyak darah.


Meski anemia penyakit yang tergolong ringan, namun jika Anda menyepelekan, penyakit ini bisa berkembang lebih parah. Sebab, anemia bisa juga sebabkan kanker, atau gangguan menstruasi.


Anemia dapat membuat kita cepat lelah, atau lemah dan tidak jarang menimbulkan pusing. Tetapi, gejala anemia bervariasi sesuai anemia. Berikut adalah beberapa gejala anemia yang perlu diketahui, di antaranya: kulit pucat, sesak napas dan nyeri dada. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya