Waspadai Makanan yang Bisa Sebabkan Radang

Chinese Food
Sumber :
  • bernadettebaum

VIVA.co.id - Radang, adalah salah satu penyakit yang dapat terjadi di dalam tubuh. Peradangan bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, sesuatu yang bisa berujung pada penyakit kronik seperti kanker, diabetes, gangguan jantung, hingga kematian. Peradangan, dapat dipicu berbagai hal, salah satunya makanan yang dikonsumsi.

Seorang peneliti bernama Susan Steck, PhD, MPH, RD, melalui peneltiannya menyatakan, beberapa makanan bisa meningkatkan terjadinya peradangan di dalam tubuh. Jenis makanan yang pertama adalah ekstrak minyak dari sayuran, seperti minyak jagung.

"Meski minyak jagung memiliki kandungan lemak tak jenuh, namun di dalamnya juga terkandung asam omega 6, yang bisa meningkatkan peradangan di tubuh," ujarnya.

Cuaca Panas, Ini Cara Hadapi Radang Tenggorokan

Dilansir dari laman Prevention, peningkatan radang di dalam tubuh, juga bisa disebabkan kandungan MSG dalam makanan, yang biasanya terkandung dalam chinese food. "Kandungan MSG dapat meningkatkan 33 persen peradangan di tubuh, sesuatu yang dapat berujung pada penyakit berbahaya seperti diabetes dan obesitas," ujarnya menambahkan.

Selain itu, peradangan juga dapat disebabkan konsumsi berlebih dari daging merah. "Konsumsi daging merah, bisa mengurangi kandungan kolesterol baik, memicu meningkatnya peradangan. Untuk itu konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan dan anti radang, yang bermanfaat bagi tubuh."

Dalam hal minuman, peradangan bisa disebabkan konsumsi minuman bersoda yang mengandung vitamin C reaktif. Peradangan ini, bila terjadi terus dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

(mus)

Cara Ampuh Mengobati Masalah Peradangan
Ilustrasi radang tenggorokan.

Waktu Tepat ke Dokter saat Radang Tenggorokan

Perlu diwaspadai saat radang tidak kunjung sembuh setelah lima hari.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016