Makan Ini, Dijamin Napas Bau Menjauh

Ilustrasi cuka apel.
Sumber :
  • Istimewa/Vegan Kitchen

VIVA.co.id - Kesehatan mulut dan gigi, dapat dilihat dari berbagai hal, salah satunya kesegaran napas. Ketika napas mulai tak segar, penampilan jelas terganggu.

Ternyata, Apel Dapat Turunkan Kolesterol

Untuk itu, cobalah usir serangan napas tak sedap, dengan melahap makanan dan minuman berikut ini, yang ulasannya dilansir dari Times of India.

Baca juga:

Yogurt


Dikenal sebagai senjata ampuh penyelamat organ cerna, yogurt memiliki khasiat lain menyehatkan mulut dan gigi, yang membuat napas segar. Hal ini, karena kandungan lactobacilus salvariusnya, yang dapat membersihkan kuman penyebab napas tak sedap, mampu menempel pada gusi dan gigi. Ia efektif pula mencegah terjadinya gangguan lain, seperti sariawan dan radang tenggorokan.

Buah dan sayur

Sayur dan buah bertekstur renyah seperti apel dan brokoli, bisa juga dijadikan senjata ampuh penyegar napas. Karena, dengan mengunyah buah dan sayur tersebut, produksi air liur bertambah dan akan membersihkan bakteri yang menempel di gigi dan gusi, alasan yang menyebabkan bau mulut tak sedap.

Roti gandum

Mungkin belum banyak yang tahu, roti gandum memiliki khasiat sehat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mengonsumsi roti gandum, terbukti dapat mengurangi produksi kandungan ketones, yang merupakan produk yang biasa terdapat dalam urine, keringat, maupun di mulut yang menyebabkan napas tak segar. Kandungan seratnya, juga ampuh membersihkan organ cerna yang membuat napas tak bau.
 
Air putih

Tak usah repot berkumur dengan mouthwash, atau memakan permen mint, penyegaran napas alami bisa dilakukan, meski hanya dengan menggunakan air putih. Hal ini, karena napas yang tak sedap bisa berawal dari dehidrasi dan kurangnya cairan di daerah mulut dan gigi. Dengan menenggak air putih, mulut akan kembali lembab dan tak terganggu napas tak wangi. (asp)

Apel mengandung lilin.

Awas Apel Bisa Sebabkan Kanker, Ini Cirinya

Anda wajib berhati-hati.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2016