Tidak Bisa Dibius Total, Bayi Ini Disusui saat Operasi

Sumber :
  • Ist/picdaily

VIVA.co.id - Menyuntikkan anestesi, alias obat bisu selama pasien menjalani operasi adalah hal yang biasa dilakukan. Namun, bila pasien yang menjalani operasi adalah bayi, tentu hal ini menjadi tantangan.

Unik, Diciptakan Parfum Aroma Kucing Kesayangan

Sebab, anestesi penuh (alias bius total) tidak mungkin dilakukan, karena tubuh kecil bayi tidak akan kuat menghadapi bius yang kekuatannya besar.

Dilansir dari Rocketnews24, untuk mengatasi hal ini, di China, seorang perawat coba menenangkan bayi yang sedang dioperasi, dengan cara menyusuinya selama bayi tersebut menjalani operasi.

Bayi ini bernama Wei Wei yang berusia satu bulan, ia tidak bisa sepenuhnya diberi anestesi, mengingat usia dan ukuran tubuhnya kecil. Akibatnya, dokter hanya berani memberi anestesi lokal, alias dibius hanya di bagian yang akan dioperasi.

Masalahnya, anestesi lokal, masih memungkinkan bayi bergerak dan menangis selama menjalani operasi, dan hal ini jelas berbahaya. Sebab, jika ia terus bergerak saat dibedah, ada kemungkinan pisau dokter bisa memotong bagian tubuh yang harusnya tidak difokuskan untuk dioperasi.

Wei Wei harus dioperasi, karena menderita abses (radang jaringan tubuh yang memungkinkan timbulnya rongga tempat nanah mengumpul), sehingga membuatnya tidak bisa berhenti menangis.

Melihat hal ini, seorang perawat bernama Li Baoxia, lalu mencoba menenangkannya, dengan menyusui secara langsung, hingga bayi mungil tersebut akhirnya tertidur dalam dekapan. Kondisi Wei Wei yang tenang, akhirnya membantu dokter menyelesaikan operasi tanpa halangan.

Tidak hanya dokter yang merasa tersentuh atas tindakan spontan sang perawat, ayah Wei Wei bahkan memberikan julukan 'Perawat Malaikat' bagi Li Baoxia, karena tindakannya yang menyentuh. (asp)

Kakek yang mengaku sebagai Jenderal Sudirman.

Simpan Banyak Uang Emas, Kakek Ini Mengaku Jenderal Sudirman

Anda percaya?

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2015