Fakta Mencuci Tangan yang Perlu Anda Tahu

Cuci Tangan
Sumber :
VIVA.co.id
Usai Melakukan Beberapa Hal Ini, Anda Wajib Cuci Tangan
- Tahukah Anda, tangan bisa menjadi sumber penyakit. Hal ini terjadi karena tangan adalah organ yang paling banyak menyentuh permukaan benda, juga merangsang timbulnya bakteri seperti ecoli, salmonella, clostridium difficile, campylobacter, MRSA superbug, virus flu, dan norovirus.

Ini Cara Cuci Tangan Paling Efektif Bunuh Bakteri

Mencuci tangan dengan sabun saja tidak cukup. Perlu diperhatikan bahwa cara benar dalam mencuci tangan akan memengaruhi bersih tidaknya tangan dari penyakit. Berikut ini, fakta penelitian tentang kebiasaan mencuci tangan dilansir dari
Menkes: Orang Jakarta Punya Jamban Tapi Saluran ke Selokan
Daily Mail:

Cuci tangan tiga detik dan mengibas


Setelah membilas tangan di bawah pancuran air selama tiga detik, dari hasil kamera penelitian tampak masih banyak bakteri tersisa. Hanya sebagian kecil bakteri yang bisa hilang dengan mencuci sesingkat ini.


Cuci tangan enam detik tanpa sabun


Hasil percobaan terlihat tangan yang terkontaminasi bakteri lebih banyak berkurang dibanding dengan mencuci tangan dengan sabun selama tiga detik. Disarankan menggosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari.


Dr. Ackerley, profesor dan ahli kesehatan mengatakan, "Mengeringkan tangan sangat penting. Jika Anda melupakan sesuatu saat mencuci tangan, kegiatan mengeringkan tangan bisa membantu mengurangi bakteri."


Cuci tangan enam detik dengan sabun


Seorang peneliti, bernama Dr. Curtis mengatakan, "Sepanjang menggunakan sabun, mencuci tangan akan terasa lebih susah. Rasa lengket yang tersisa, membuat Anda ingin mencuci tangan kembali. Hal ini tentu saja membunuh bakteri tersisa. Sabun tidak membunuh bakteri, namun hanya membuangnya."


Cuci tangan lima belas detik dengan sabun


Hasil penelitian dari Michigan State University menemukan fakta bahwa hanya 5 persen orang yang mencuci tangan selama 15 detik. Ackerley menambahkan, "Anda harus mencuci tangan selama 15 detik karena Anda perlu waktu untuk membersihkan semua bakteri kecil di tangan."


Cuci tangan tiga puluh detik dengan sabun


Curtis menambahkan, "Dengan teknik yang sangat hati-hati, atau mencuci lebih lama Anda akan membuang bakteri yang tersisa."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya