Cara Mengatasi Masalah Mengerat Gigi saat Tidur

Ilustrasi gigi.
Sumber :
  • Liveman
VIVA.co.id
Lima Kebiasaan yang Memperburuk Gigi Sensitif
- Banyak orangtua bingung, saat menghadapi kebiasaan anak yang sering mengadu gigi saat tidur. Efek yang ditimbulkan, adalah si kecil selalu menimbulkan bunyi gigi beradu yang terasa ngilu di telinga. Dari sisi medis, apakah hal ini berbahaya?

Tips Mengatasi Gigi Sensitif

Menjawab hal ini, dokter Deffy Leksani dari
Menderita Gara-gara Sikat Gigi Elektrik
Meetdoctor menjelaskan, dalam bahasa kedokteran, kebiasaan mengerat gigi terutama pada saat tidur disebut bruxism.


“Umumnya penderita melakukan tanpa disadari. Yang membahayakan jika dilakukan dalam jangka waktu panjang. Karena kebiasaan tersebut dapat mengikis lapisan gigi,” ujar sang dokter.


Penyebab pasti kebiasaan mengerat gigi belum diketahui, namun diyakini terdapat faktor lokal (gigi), sistemis, serta psikologis yang menyebabkan hal ini terjadi. Tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan mengerat gigi, di antaranya:


Hindari menyantap makanan keras, seperti kacang, permen, dan steak. Jangan menggigit sesuatu selain makanan, seperti pensil atau pulpen. Sebaiknya juga tidak mengunyah permen karet, karena akan memungkinkan otot-otot rahang terbiasa mengepal.


Hindari stres, caranya dengan memijat otot-otot leher, bahu, dan wajah agar tubuh rileks. Untuk keadaan gigi sensitif, gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya