Kesehatan Tubuh Dilihat dari Kondisi Lidah

Difteri bisa dicek dari kondisi rongga mulut
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Bahan Alami untuk Bersihkan Lidah Putih
- Mengenali tubuh sendiri adalah hal wajib yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan. Saat Anda sakit, tubuh akan memberikan sinyal perubahan yang tidak selalu jelas terlihat, namun bisa dirasakan.

Radang Gusi dapat Sebabkan Stroke dan Penyakit Jantung

Lidah misalnya, juga dapat digunakan sebagai penanda kondisi kesehatan tubuh. Anda bisa mengetahui masalah kesehatan yang sedang diderita, atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh, hanya dengan melihat kondisi lidah.
Studi: Obesitas Pengaruhi Reseptor Rasa Lidah


Untuk itu, kenali tubuh dan ketahui beberapa fakta mengenai kondisi lidah yang dapat mengindikasikan kesehatan, seperti dilansir dari Boldsky berikut ini.

Lidah berwarna merah


Lidah yang terlihat mengkilap dan berwarna merah, merupakan tanda tubuh kekurangan zat besi atau vitamin B12. Itu juga bisa berarti tubuh kekurangan berbagai vitamin penting yang dibutuhkan. Kondisi lidah seperti ini, sering terlihat pada vgetarian karena mereka umumnya memiliki vitamin B12 rendah.


Lidah berwarna kecokelatan


Perokok dan orang yang gemar mengonsumsi alkohol cenderung memiliki lidah warna ini. Kondisi lidah ini juga mampu menyebabkan aroma napas yang tidak sedap atau menurunkan kemampuan indera perasa.


Lidap mirip keju


Jika lidah sekilas terlihat mirip keju warna putih bersisik, itu indikasi Anda menderita infeksi jamur. Hal tersebut umumnya disebabkan produksi jenis jamur bernama candida secara berlebih. Jenis jamur ini sering diproduksi oleh mereka yang menderita diabetes dan penyakit autoimun.


Lidah berkerut


Lidah berkerut adalah tanda usia yang sudah tak lagi muda. Tampilan lidah yang terlihat memiliki celah adalah tanda tubuh menua. Di titik ini, penting untuk memeriksakan kesehatan mulut secara rutin.


Lidah dengan noda putih


Noda putih pada lidah dinamakan leukoplakia disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang berlebihan dan sering terjadi pada perokok. Namun, jika Anda bukan perokok dan mengalami hal ini, bisa jadi disebabkan abrasi gigi yang secara konstan yang menggesek lidah.


Lidah terluka dan nyeri


Luka pada lidah yang terlihat seperti kulit yang melepuh bisa menjadi tanda kanker lidah dan harus segera ditangani oleh dokter.


Lidah terasa terbakar


Sensasi terbakar pada lidah biasanya terjadi karena alergi pasta gigi. Pada beberapa kasus, kondisi ini juga mengindikasikan tubuh Anda sedang melalui tahap postmenopause.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya