Amankah bagi Ibu Hamil Minum Obat Diare?

Ibu hamil
Sumber :
  • Ist/womensclinic
VIVA.co.id
Kapan Seharusnya Wanita Berhenti Mengandung?
- Memang tidak mudah menjadi wanita hamil, selain harus pintar-pintar menjaga kondisi fisik, mereka juga harus waspada saat mengasup berbagai hal yang akan masuk ke tubuh.

Bahaya Stres Ibu Hamil pada Bayi yang Dikandung

Termasuk dalam hal memilih obat-obatan, karena bisa jadi, ada jenis obat tertentu, yang terlarang bagi wanita hamil, karena dapat menimbulkan gejala-gejala yang tak diinginkan.
Sulit Hamil, Upaya Ini Bisa Jadi Solusi


Namun apa jadinya, jika si ibu hamil mendadak mengalami diare? Apakah ia lantas tidak boleh mengasup obat diade yang dijual bebas? Saat ditanya tentang hal ini, dokter Deffy Leksani dari laman
menjelaskan, hal yang paling utama dalam masalah ini, adalah mencegah timbulnya dehidrasi akibat diare yang terjadi.


“Jika Anda mengalami dehidrasi, ada baiknya mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Namun jika tidak ada (dokter langganan), tidak perlu khawatir. Yang pertama dapat Anda lakukan, adalah mengkonsumsi oralit. Jika usia kandungan masih muda, misalnya baru beberapa minggu saja, hindari mengonsumsi obat-obatan medis tanpa resep dokter,” ujar Deffy.


Ia tambahkan, yang tak kalah penting adalah mencari faktor penyebab dari timbulnya diare. Jika Anda sudah mengetahuinya, maka sebaiknya hindari agar tidak terulang kembali. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan makanan dan lingkungan, karena hal ini penting guna menjaga kesehatan sang ibu hamil.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya