Cara Mengatasi Bibir Kering yang Terasa Perih

Sumber :
  • haare-frisuren.com

VIVA.co.id - Saat kondisi cuaca tak menentu, seseorang bisa saja mengalami gangguan bibir yang menjadi terasa perih dan kelamaan mengeras.

Tips Memilih Pendingin Ruangan yang Ramah untuk Anak

Jika sudah begini, saat bicara kita akan jadi kaku. Sebab, kondisi mulut susah terbuka. Ditambah rasa perih. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mengobatinya?

Dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan, jika hal ini terjadi, ada kemungkinan karena pengaruh faktor perubahan cuaca ekstrim.

“Hal ini dapat diperburuk kurangnya konsumsi cairan seperti mengkonsumsi air mineral selama beraktivitas. Bibir pada umumnya tidak sama dengan kulit lain yang memiliki kelenjar minyak, sehingga ia rentan mengalami kekeringan,” ujar Deffy.

Berikut beberapa cara mengatasi masalah bibir kering. Pertama, lindungi bibir dari udara dingin, kering, atau panas. Jika Anda wanita, misalnya akan keluar rumah sudah tahu cuaca di luar dingin atau panas, maka kenakan pelembap bibir dulu.

Karena Tikus, Banyak Warga Bantul Meninggal Dunia

Anda bisa memakai lip balm yang mengandung sunscreen atau tabir surya, dan saat berada di luar rumah, oleskan kembali benda itu.

Kemudian hindari kebiasaan menjilat bibir, cara ini ampuh mengatasi bibir kering. Pasalnya, air liur mudah menguap sehingga membuat bibir lebih kering dari sebelumnya. Air liur juga mengandung asam untuk menelan makanan, akan tetapi asam pada air liur juga bisa membuat kulit bibir iritasi.

Cara selanjutnya, jangan menggosok, mengelupas, atau menggigit. Inilah metode mengatasi bibir kering yang disarankan ahli. Sebab, kebiasaan tersebut bisa membuat bibir berdarah dan efek jadi yang lebih nyeri. Bibir kering pun jadi lama sembuh jika Anda melakukannya.

Tips terakhir, usahakan tubuh terhidrasi alias terpenuhi kebutuhan cairan, sebab salah satu penyebab bibir kering kurangnya air. Jadi rajin-rajinlah minum air secara teratur. (ase)

Ilustrasi organ lambung.

Tips Redakan Asam Lambung untuk Lansia

Orang lanjut usia lebih rentan terhadap gangguan asam lambung

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016