Menghalau Gangguan Sinusitis yang Menyiksa

Ilustrasi sinusitis
Sumber :
  • Ludi.com
VIVA.co.id
Waspadai, Penyakit Sinusitis Menyerang Anak Anda
- Ketika orang sudah terkena sinus, bisa dipastikan pekerjaannya di hari itu akan berantakan. Karena saat sinus menyerang, derita yang dirasakan akan luar biasa menyiksa.

Dokter: Tidak Semua Penderita Sinusitis Harus Dioperasi

Dokter Nina Gunawan dari laman
Efek Sinusitis pada Anak-anak
Meetdoctor menjelaskan, sinus pada dasarnya rongga pada tulang wajah yang terletak pada beberapa area muka, meliputi dahi, belakang tulang pipi, dan belakang mata. Sedangkan sinusitis, adalah peradangan pada sinus tersebut, yang sering timbul pada penderita infeksi saluran napas berulang.


“Lendir, atau ingus yang seharusnya dibuang dan dialirkan keluar justru mengalami gangguan pengaliran, sehingga lendir akhirnya terakumulasi dalam rongga sinus dan terjadilah peradangan,” jelas Nina.


Sinusitis dapat diatasi dengan mengobati mikroorganisme penyebab infeksi saluran napas. Pada kasus sinusitis yang timbul akibat alergi, maka penanganan terbaiknya adalah menghindarkan alergen pemicu, misalnya: menghindari hawa dingin, debu, dan lainnya.


“Apabila diperlukan, dapat pula dilakukan intervensi bedah untuk membantu pembersihan rongga sinus dari lendir yang terakumulasi,” ujar sang dokter.  (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya