Kisah Pasien yang Hidupnya Terbantu Pengobatan Sel Punca

Ilustrasi logo kesehatan
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id - Perkembangan pengobatan dengan menggunakan sel punca berkembang pesat. Tingkat keberhasilannya pun tergolong tinggi. Ditemui di acara Layanan Terapi Sel Punca di gedung Kementerian Kesehatan RI, beberapa pasien yang berhasil melakukan pengobatan sel punca, menceritakan bagaimana tindakan itu telah membantu hidup mereka menjadi lebih baik.

Ada tiga pasien yang memberi penjelasan mengenai keberhasilan pengobatan sel punca atau sering disebut stem cell. Dua, pasien dari Dokter Purwati di RS Dr Soetomo, Surabaya, satu lagi pasien Dokter Ismail dari RSCM, Jakarta.

Pasien pertama adalah Prof Musa Ashari, yang didiagnosis menderita diabetes sejak 10 tahun lalu. "Baru tiga kali menjalani dengan stem cell, kini tingkat gula darah turun jadi 120," ujar pria yang menjalani pengobatan stem cell sejak enam bulan lalu itu, Rabu, 28 Oktober 2015.

Lebih lanjut, Guru Besar Filsafat Islam, di UIN Yogyakarta ini menceritakan dahuluia sudah berobat kemana-mana, namun hasilnya paling rendah tingkat gula darahnya 140 - 150.

Menteri Riset Ingin Sel Punca Sembuhkan Semua Penyakit di RI

Sementara itu, pasien pasien kedua adalah Ardan. Ia dokter muda yang mencoba pengobatan sel punca dengan alasan, awalnya menderita gejala mudah lelah.

Dokter spesialis bedah plastik ini menceritakan, sebagai calon dokter, ia diwajibkan berdiri tujuh - delapan jam saat operasi. Namun baru dua jam berdiri dia sudah lelah. Setelah diperiksa, ternyata Ardan menderita sirosis tingkat 3.

Semula hal ini sempat membuatnya berpikir muncur. Namun ia mendapat informasi bahwa ada penelitian pengobatan dengan sel punca. "Setelah menjalani tiga kali pengobatan dalam tiga bulan, kini saya sudah bisa menjalani operasi 12 - 14 jam," ujar dokter muda yang mengambil spesialisasi di Universitas Airlangga, Surabaya.

Kisah lain diceritakan Rio Gunawan yang mengalami kecelakaan di tahun 2009. Ia memilih pengobatan ini setelah lelah mencoba pengobatan lain namun belum mendapat hasil maksimal.

"Semula saya masih menggunakan alat bantu untuk berjalan, saya sudah bisa berjalan sambil menggendong anak," ujar karyawan salah satu bank asing di Jakarta itu bahagia.

Lawan Diabetes Tipe 2 dengan Kurangi Berat Badan?
Seorang periset tengah meneliti sel punca di suatu laboratorium di Jakarta.

Mengenal Punca, Sel yang Bisa Tumbuh Gantikan Organ Rusak

Sel punca bisa menyembuhkan penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2016