Gejala Berbeda yang Terjadi pada Hepatitis A, B, dan C

Ilustrasi logo kesehatan
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id - Seperti kita ketahui, penyakit hepatitis adalah gangguan kesehatan yang menyerang hati. Kita mungkin pernah mendengar tentang adanya penyakit hepatitis A, B, dan C, namun belum tentu mengetahui, apa gejala yang muncul jika ada keluarga yang terserang penyakit itu.

Dokter Nina Gunawan dari laman Meetdoctor menjelaskan, gejala hepatitis A, umumnya ringan jika terjadi pada anak-anak, dan muncul pada kisaran 2 - 6 minggu setelah terpapar virus.

Waspada, Virus Hepatitis Mengintai di Usia Aktif

“Sementara pada pasien dewasa, lebih mungkin mengalami demam, sakit kuning, mual, muntah, kelelahan, gatal-gatal yang bertahan beberapa bulan. BAB abu-abu pucat dan urine gelap,” jelas Nina.

Sedangkan jika gejala hepatitis B, biasanya terjadi 6 minggu - 6 bulan (paling sering 3 bulan) setelah munculnya demam ringan, flu, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kelelahan, atau nyeri sendi.

“Beberapa pasien memiliki ciri khas tersendiri, seperti urine gelap dan sakit kuning. Sedangkan kalau hepatitis C, cenderung tidak mengalami gejala, namun dapat dideteksi dengan tes fungsi hati,” lanjut dia.

Jangan lupa ikuti program #dokterVIVA setiap hari Rabu pukul 10.00 WIB di Twitter @VIVAlife

(ren)

Orang Rimba Ketakutan, Anaknya Tewas Terjangkit Hepatitis
Ilustrasi/Petugas kesehatan

Kerugian Besar Akibat Hepatitis

"Penyakit ini bisa jadi bom waktu di tiap negara."

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016