Tujuh Penyebab Orang Tidur Mendengkur

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :

VIVA.co.id - Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang banyak dialami orang di seluruh dunia. Tentu saja ini menjadi masalah kesehatan yang tak boleh disepelekan.

Alat Bantu Ini Mampu Atasi Dengkuran

Untuk menyembuhkannya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Untuk itu, simak beberapa alasan seseorang mendengkur seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.

1. Obat-obatan

Lihat Karakter Seseorang dari Posisi Tidur

Kebanyakan obat-obatan memiliki sejumlah efek samping. Obat-obatan seperti obat penenang dan antihistamin bila dikonsumsi sebelum tidur, biasanya menyebabkan seseorang mendengkur berat.

2. Obesitas

Kenali Penyebab Mendengkur yang Perlu Dihindari

Obesitas dapat memengaruhi hidup Anda dalam berbagai cara. Selain berisiko penyakit jantung, stroke dan ketidaksuburan, obesitas juga dapat mengakibatkan masalah tidur termasuk mendengkur. Orang dengan leher berlemak yang pendek juga memiliki risiko mendengkur yang lebih tinggi.

3. Makan malam

Jika Anda mengonsumsi makanan berat di malam hari, Anda cenderung akan mendengkur lebih berat.

4. Alkohol

Konsumai alkohol juga menjadi salah satu alasan mengapa seseorang mendengkur, terutama jika dikonsumsi di malam hari sebelum tidur.

5. Amandel

Ketika anak-anak tidur dengan mendengkur, orangtua harus memeriksakan amandel mereka. Para ahli berpendapat, amandel yang bengkak dapat menyebabkan anak mendengkur. Jika pemeriksaan tidak dilakukan, sang anak berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan mulai dari napas berat hingga nyeri dada.

6. Kebiasaan tidur

Tidur menggunakan bantal yang halus adalah alasan mengapa Anda mendengkur. Jika Anda mengalami masalah ini, ada baiknya untuk tidur tanpa menggunakan bantal. Tidur dengan posisi memiringkan badan ke kiri juga bermanfaat untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

7. Hidung tersumbat

Ini adalah salah satu penyebab mendengkur lainnya. Hidung tersumbat harus diperiksa secara rutin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya