Tujuh Makanan Sehat Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Sumber :

VIVA.co.id - Sesuatu yang berlebihan memang tidak pernah memberikan dampak positif. Ini juga berlaku pada konsumsi makanan sehat.

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Ya, terdapat banyak makanan sehat mulai dari sayur, daging ikan, kacang-kacangan hingga buah yang jika dikonsumsi berlebihan justru berisiko membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya.

Untuk itu, simak tujuh makanan sehat yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

1. Wortel

Mengonsumsi terlalu banyak wortel akan membuat tubuh menyerap betakaroten terlalu banyak. Ini akan mengakibatkan konsentrasi darah, dan bisa membuat kulit berubah warna menjadi oranye.

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh

2. Kopi

Mengonsumsi kopi hitam memang menyehatkan. Namun, jika berlebihan dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf, mengakibatkan insomnia, tremor otot dan bahkan jantung berdebar. Untuk itu, pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari dua cangkir kopi setiap hari.

3. Minyak ikan

Terlalu banyak mengonsumsi asam lemak omega-3 akan membuat darah menjadi encer. Tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak signifikan pada kesehatan. Studi yang pernah dilakukan mengungkap terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan akan mengakibatkan keracunan vitamin A, masalah pada penglihatan dan rasa mual. 

4. Ikan tuna

Hati-hati saat mengonsumsi ikan tuna. Jika berlebihan itu akan mengekspos kadar metil merkuri yang tinggi pada tubuh. Zat tersebut mampu menyebabkan masalah penglihatan, kemampuan koordinasi yang rendah dan bahkan menghambat perkembangan anak. Pastikan Anda mengonsumsi tuna sekali dalam seminggu. Ini akan membantu tubuh membuang polutan sebelum terbentuk hingga mencapai kadar yang membahayakan. 

5. Kayu manis

Kayu manis mengandung kumarin yang dapat menyebabkan kanker atau keracunan hati jika dikonsumsi terlalu banyak. Sejumlah studi menunjukkan bahwa 2 gram kumarin per meter persegi kayu manis adalah batas yang aman bagi tubuh.

6. Kacang Brasil

Jenis kacang ini kaya akan selenium yang dapat mengakibatkan keracunan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

7. Belimbing

Mengonsumsi belimbing dalam jumlah banyak berisiko menyebabkan masalah ginjal permanen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya