Studi: Olahraga Mampu Perlambat Proses Penuaan

olahraga
Sumber :
  • wallspick
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Kabar baik bagi Anda yang gemar berolahraga dan melakukan aktivitas fisik. Studi yang belum lama ini dilakukan menunjukkan bahwa berapa pun waktu yang Anda habiskan untuk berolahraga dan apa pun jenis olahraganya dapat memperlambat proses penuaan tubuh.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Dilansir dari
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Food World News , belakangan, banyak peneliti yang telah memulai proses untuk mengetahui usia sel-sel tubuh dengan mengukur telomer, komponen struktur di bagian ujung kromosom.


Seiring bertambahnya usia sel, telomer secara alami menjadi lebih pendek dan menjuntai. Namun, proses tersebut bisa terjadi lebih cepat akibat obesitas, merokok, insomnia, diabetes, dan berbagai aspek kesehatan serta gaya hidup lainnya.


Studi tadi mengungkapkan bahwa olahraga dapat memperlambat proses telomer menjadi pendek dan menjuntai. Bahkan, sejumlah studi sebelumnya telah menemukan para atlet memiliki telomer yang lebih panjang dari orang non atlet yang memiliki usia yang sama. Begitu pula dengan wanita dengan usia yang lebih tua yang rutin berjalan kaki atau melakukan olahraga ringan.


Dalam studi, peneliti mengumpulkan data dari 6.500 peserta studi yang berusia antara 20 hingga 83 tahun. Data tersebut dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan jawaban peserta mengenai frekuensi olahraga yang mereka lakukan.


Hasil lantas menunjukkan menurunnya risiko mengidap penyakit dan risiko proses penuaan yang cepat pada orang yang lebih sering berolahraga. Peneliti juga menyimpulkan bahwa olahraga baik bagi sel-sel tubuh.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya