Oleskan Odol Efektif Sembuhkan Gusi Bengkak, Benarkah?

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Siapa orang yang mau sakit gigi? Kalau sudah terkena, segala aktivitas harian yang sedang dikerjakan, dijamin terhenti, karena gusi terasa nyut-nyutan, dan pegal (yang sering disebut ngebet). Kalau gusi sudah kambuh rasa sakitnya, ada orang mengoleskan pasta gigi, yang konon manjur membuat gusi bengkak mengempis. Benarkah?

Dilihat dari sisi medis, Dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan, untuk pengobatan gusi bengkak, yang lebih utama dilakukan adalah segera mengunjungi dokter gigi. “Untuk penerapan odol di gusi, secara medis belum ada bukti ilmiah bahwa odol bisa menolong gusi bengkak, jadi diragukan tingkat keberhasilannya,” ujar sang dokter.

Ia terangkan, gusi adalah jaringan padat merah muda yang menutupi tulang rahang. Jaringan ini tebal, berserat, dan penuh pembuluh darah. Gusi yang luka atau infeksi tentu akan bengkak, meradang, berwarna merah (bukan merah muda layaknya gusi sehat) dan rasanya sakit. 

Lima Cara Obati Gusi Bengkak Tanpa Biaya Mahal

“Biasanya pembengkakan terjadi di area pertemuan antara gusi dan gigi. Gusi bengkak bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya infeksi bakteri dan virus (contohnya virus herpes), perubahan hormon semasa kehamilan, dan malnutrisi zat gizi seperti vitamin B dan C. (ren)

gusi bengkak

Cara Atasi Gusi Bengkak dengan Obat Tradisional

Penggunaan bahan alami lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2015