Mengenal Proses Melahirkan dengan Metode Lotus Birth

Ibu hamil
Sumber :
  • Ist/womensclinic

VIVA.co.id - Untuk melahirkan bayi, seorang ibu hamil kini memiliki banyak pilihan. Setelah kemarin sempat populer cara melahirkan lewat water birth dan hypnobirthing, kini yang sedang banyak diperbincangkan adalah melahirkan dengan cara lotus birth.

Bahaya Stres Ibu Hamil pada Bayi yang Dikandung

Namun apa itu Lotus Birth? Ia adalah proses melahirkan dengan membiarkan tali pusat yang terhubung dengan plasenta, tidak dipotong beberapa hari. Jadi alih-alih segera diputus, plasenta yang menempel di pusar bayi dibiarkan mengering sendiri sampai akhirnya terpisah sendiri secara alami.

Konon, cara melahirkan ini dipilih karena dianggap lebih natural dan bisa membuat bayi memiliki kekebalan tubuh bagus. Namun kalau mau kita telaah dari sisi kesehatan, apakah hal ini aman?

Dokter Deffy Leksani dari laman Meetdokter menjelaskan, jika ditinjau dari sisi ilmu medis dan bidang kedokteran, metode lotus birth masih menjadi perdebatan.

“Ya, masih ada yang tidak setuju, karena melihat  faktor keamanan dan manfaatnya. Jadi disarankan, jika ingin melahirkan ada baiknya mempertimbangkan metode kelahiran yang lain saja. Misalnya melahirkan cesar atau normal,” ujar sang dokter.

Sulit Hamil, Upaya Ini Bisa Jadi Solusi

(mus)

Ilustrasi kehamilan.

Kapan Seharusnya Wanita Berhenti Mengandung?

Setiap usia, memiliki risiko kehamilan yang berbeda.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016