Idealkah Sarapan dengan Sereal dan Suplemen Kesehatan?

Menu sarapan.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Efek Merugikan bagi Anak yang Tidak Sarapan
- Bagi masyarakat perkotaan, aktivitas yang padat sedari pagi membuat sarapan menjadi hal yang sering terlewatkan. 

Ini Alasan Mengapa Sarapan Sangat Penting
Tak jarang yang memilih mengonsumsi menu sarapan yang mudah dan cepat. Padahal itu belum tentu bergizi dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satu contohnya ialah sereal.

Bunda, Ini Pentingnya Sarapan Bagi Tumbuh Kembang Anak
Menurut Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, ideal atau tidaknya sereal dijadikan menu sarapan pagi tergantung jenis sereal yang dikonsomsi.

"Lihat komposisi apa memenuhi komponen karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan lain-lain, karena umumnya sereal tidak memenuhi seluruh komponen tadi," ujar Hardinsyah saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan sarapan tak hanya terdiri dari makanan padat. Mengonsumsi cairan seperti air putih, susu dan jus buah atau sayur tak kalah pentingnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari.

Bicara sarapan, banyak pula orang yang tidak punya waktu dan tidak mau repot sehingga memilih cukup mengonsumsi suplemen di pagi hari. Mengenai hal ini, Hardinsyah mengatakan kebiasaan tersebut sebenarnya bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan setiap hari.

"Suplemen posisinya silahkan dikonsumsi bila diperlukan. Jadi harus konsultasi dulu sama dokter karena suplemen itu dosis tinggi jadi pasti akan mengganggu keseimbangan tubuh," kata dia.

Ia menyarankan untuk teliti membaca label kemasan suplemen. Jika dosisnya rendah seperti yang terkandung di dalam asupan makanam sehari-hari, Anda boleh mengonsumsinya. 

Namun, dengan catatan itu hanya untuk menunjang nutrisi dan tidak bergantung pada suplemen untuk sarapan. Untuk mengetahuinya, konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu dengan dokter Anda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya