Mampukah Dermabrasi Menghilangkan Keropeng?

Ilustrasi alat-alat kedokteran.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Tak ada orang yang mau pipinya yang mulus mendadak tumbuh jerawat atau noda hitam, akibat bekas jerawat. Namun jika sudah terjadi, banyak orang kemudian melakukan laser resurfacing atau dermabrasi. Masalahnya, apakah tindakan ini dapat total menghilangkan keropeng (kerak yang mengering di luka)?

Dermabrasi sendiri, adalah penghapusan lapisan atas kulit dengan mesin listrik yang `mengamplas` kulit. Prosedur ini digunakan untuk meminimalkan bekas luka kecil, kelainan ringan permukaan kulit, bekas luka bedah, dan bekas jerawat. Regenerasi kulit setelah prosedur ini konon menghasilkan permukaan yang lebih halus.

Dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan, apabila Anda mengikuti anjuran perawatan yang disarankan dokter, bukan tidak mungkin keropeng atau scar hilang. “Namun, tentunya diperlukan waktu perawatan lama dan kepatuhan terhadap jadwal terapi, untuk memeroleh hasil maksimal,” ujarnya.

Jangka waktu yang diperlukan untuk pemulihan itu sendiri bervariasi, mulai dari 6 bulan atau lebih sesuai kondisi kulit. Tak hanya itu, perawatan setelah keropeng hilang pun harus diperhatikan agar skar tidak berulang.

Jangan lewatkan program interaktif #dokterVIVA bersama MeetDoctor setiap hari Rabu, pukul 10.00-12.00 WIB di Facebook VIVAlife, Twitter @VIVAlife_ dan Periscope VIVA.co.id.

Tiga Tahap Menyamarkan Jerawat dengan Make-up

(ren)


Kulit Pisang Ampuh Atasi Jerawat dalam Hitungan Hari
Jerawat sering dialami oleh wanita.

Waspada Jerawat Kekinian Bisa Menyerang Siapa Saja

"Mulai dari anak-anak, bahkan wanita pre-menopause."

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016