Cara Ampuh Merawat Kulit Pasca Pengobatan Kanker

Ilustrasi kanker.
Sumber :
VIVA.co.id
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
- Setelah pengobatan kanker, kulit Anda mungkin akan berubah sampai batas waktu tertentu. Namun, reaksi kulit tersebut untungnya hanya berlangsung singkat.

Mengenal Tren Perawatan Wajah Asal Dubai
Ada banyak efek samping pada kulit setelah mengonsumsi obat-obatan antikanker, terapi radiasi dan operasi, seperti beberapa masalah kulit yang sangat umum adalah ruam, gatal, jerawat, perubahan warna, memar, dan kulit kering.

Sering Mandi Bisa Sebabkan Iritasi
Berikut ini, adalah beberapa solusi untuk merawat kulit setelah pengobatan kanker dilansir Boldksy.

Pengobatan untuk kulit kering

Umumnya, kulit kering pasca pengobatan kanker adalah akibat kemoterapi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menggunakan salep dan krim untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Pastikan untuk memakai krim yang tidak berbau wewangian. Selain itu, rajinlah minum air putih dan ketika mandi gunakan air hangat. Lakukan juga scrubbing untuk menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit Anda.

Pengobatan untuk kulit gatal 

Untuk kulit gatal, gunakan krim, sabun dan detergen yang benar-benar bebas dari aroma apapun. Hindari diri untuk menggaruk bahkan dalam situasi yang ekstrem sekalipun. 

Gunakanlah krim anti-gatal yang mencakup kandungan anti-gatal seperti kamper, menthol dan pramoxine. Anda juga dapat menggunakan antihistamin yang berguna untuk mengobati kulit setelah pengobatan kanker.

Pengobatan untuk bekas luka

Jika Anda melihat bekas luka di wajah maka Anda perlu memeriksakan hal tersebut pada dokter bedah Anda. Beberapa bekas luka tersebut biasanya disebabkan karena gatal dan kering yang diobati dengan krim kortikosteroid. 

Kadang-kadang, bekas luka ini juga tumbuh berlebihan dan membentuk benjolan yang disebut keloid. Untuk mengatasi ini, Anda perlu menjalani perawatan laser untuk memberantas jaringan parut.

Pengobatan untuk jerawat 

Pengobatan yang umum digunakan untuk kanker adalah steroid. Hal itu tak jarang sering menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakanlah gandum untuk menyelesaikan masalah Anda. 

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dari gandum membantu mengurangi iritasi dan kemerahan kulit berjerawat. Selain itu, gandum membantu membersihkan sel-sel kulit mati dari kulit dan pori-pori besar pada kulit. 

Sebelum melakukan hal ini, usahakan terlebih dahulu untuk berkonsultasi ke dokter Anda terhadap masalah kulit pasca pengobatan kanker. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya