Benarkah Pil KB Membuat Berat Badan Wanita Melonjak?

Ilustrasi suplemen.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Studi: Mau Lebih Banyak bercinta, Gunakan Kontrasepsi
- Bagi pasangan baru menikah yang belum siap memiliki anak, atau justru buah hatinya sudah terlalu banyak di rumah, pasti akan memilih KB sebagai jalan keluar. Masalahnya, alat kontrasepsi sendiri terdiri dari banyak pilihan, dan salah satunya pil KB yang banyak digunakan oleh kaum Hawa.

Lima Efek Samping Pil Kontrasepsi atas Kecantikan

Namun, banyak orang berpendapat, Pil KB akan membawa efek bagi tubuh wanita yang mengonsumsinya. Yakni menjadi gemuk, belum lagi efek membuat kepala pusing. Namun benarkah?
Remaja Wanita Pengguna Alat Kontrasepsi Kian Meningkat


Dokter Deffy Leksani dari laman
menjelaskan, jika ada orang yang bilang bahwa mengkonsumsi KB pil dapat menyebabkan badan gemuk atau sakit kepala, hal ini lebih dikaitkan dengan efek individu itu sendiri. Jadi reaksinya bisa berbeda, karena tidak semua orang yang memilih pil KB mengalaminya.


“Sehingga tidak dapat dipastikan, apakah efek samping ini dapat selalu terjadi. Semua jenis KB intinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga ada baiknya sebelum memutuskan menggunakan jenis KB apa yang tepat, Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter atau bidan terdekat,” demikian sarannya. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya