Menilik Sejuta Manfaat Bawang Putih

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Ketahui Beragam Khasiat Bawang Putih untuk Kecantikan
- Bawang putih telah digunakan sebagai bahan masakan sejak berabad-abad lalu. Bahkan, kini bawang putih bisa dikatakan sebagai bumbu masak wajib yang tak boleh absen dalam hidangan apapun. Hal tersebut dikarenakan kemampuannya memperkaya cita rasa makanan secara alami.

11 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih dan Susu
Namun, bawang putih juga merupakan salah satu jenis obat-obatan alami yang memiliki sederet manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa efek kesehatannya antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anti-bakteri, antiviral, anti-jamur dan masih banyak lagi.

Studi: Bawang Putih Ampuh Cegah Penyakit Jantung Koroner
Dilansir Food World News, melibatkan bawang putih ke dalam diet sehari-hari juga dapat membantu menurunkan risiko paparan beberapa jenis kanker tertentu seperti kanker usus, perut dan dubur. 

Meski begitu, bawang putih olahan pabrik atau bawang putih buatan yang digunakan hanya sebagai perasa, tidak memiliki manfaat-manfaat tersebut. 

Ya, efek-efek kesehatan tadi hanya dapat didapat dari bawang putih yang segar dan tumbuh secara alami.

Bawang putih kaya akan antioksidan sehingga mengonsumsinya secara rutin setiap hari akan melindungi Anda terjangkit flu dan bahkan jika Anda tetap menderita flu, bawang putih akan membantu menyembuhkannya dalam waktu yang jauh lebih cepat.

Para penderita diabetes juga direkomendasikan untuk mengonsumsi bawang putih karena mampu menyeimbangkan kadar gula darah. Bawang putih juga membantu produksi insulin di dalam tubuh.

Rasa ngilu saat sakit gigi pun bisa diredakan dengan meletakkan bawang putih pada gigi Anda.

Salah satu manfaat kesehatan bawang putih yang luar biasa adalah dalam hal mengobati sejumlah alergi. Itu karena bawang putih mampu mengurangi inflamasi pada saluran pernapasan dan menenangkan area-area yang mengalami iritasi.

Sebuah studi yang pernah dilakukan pernah mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih secara rutin hampir tidak memiliki risiko mengidap kondisi kesehatan bernama tick-bites. 

Kondisi tersebut diketahui mampu memicu penyakit Lyme yang menyebabkan seseorang kehilangan kemampuannya untuk bergerak karena sendi yang terasa nyeri, jantung berdebar hebat dan sakit kepala yang parah.

Tak hanya itu, bawang putih juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan. Menggosoknya pada kulit akan membantu menghilangkan jerawat. Anda bisa melakukannya sebelum tidur dan mencuci kulit wajah di pagi hari.

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok, mengaplikasikan air perasan bawang putih pada kulit kepala sambil memijatnya secara perlahan dan mendiamkannya selama beberapa menit dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya