Aturan Khusus Konsumsi Ginseng untuk Kesehatan

Outlet Gingseng di Korsel
Sumber :
  • VIVA/ Beno Junianto
VIVA.co.id
Manfaat Ginseng Merah untuk Kecantikan Kulit
- Semua orang tentunya sudah mengenal ginseng, di mana ramuan bergizi tersebut dapat mengobati berbagai masalah kesehatan. Hal ini juga yang dipaparkan oleh para ilmuwan yang percaya bahwa ginseng dapat membantu otak untuk memproduksi senyawa endokrin yang lebih banyak.

Khasiat Ginseng Korea untuk Gaya Hidup Sehat

Senyawa tersebut dapat menyeimbangkan hormon yang menyebabkan stres fisik dan emosional yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenalin. Di dalam ginseng terdapat kandungan sejenis zat aktif, yang terdiri dari ginsenosides atau eleutherosides. Selain itu, mengandung minyak atsiri, sterol, polisakarida, gula, pektin, vitamin B1, B2, dan B12, kholin, lemak, serta mineral.
Dua Hari Serasa di Negeri Ginseng


Namun, untuk mengonsumsi ginseng sangat disarankan untuk tidak berlebihan. Sebab, hal itu bisa menyebabkan gangguan tidur, tekanan darah naik, sakit kepala, dan diare.

"Untuk meningkatkan kinerja kognitif, sebaiknya konsumsi ramuan ginseng pada pagi hari setiap tiga kali seminggu. Sebaiknya, minumlah secara berangsur, maka Anda akan merasakan peningkatan kinerja yang signifikan," ujar Dong-Kwon Rhee, profesor dari Sungkyunkwan University, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 17 November 2015.


Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa mengonsumsi ginseng dengan varian kapsul dapat di campur dengan secangkir teh setiap dua kali seminggu. Cara tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.


Bagi wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ginseng, karena ginseng bisa mengencerkan darah, sehingga dikhawatirkan akan timbul pendarahan yang berat pada saat melahirkan.


Untuk itu, konsumsilah ginseng sesuai dosis yang dianjurkan. yaitu 100 hingga 200 mg kapsul tiga dalam seminggu pada pagi hari. Sebab, bagaimana pun segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya