Ini Ciri-ciri Penderita Diabetes yang Dikategorikan Sehat

Ilustrasi tes kadar gula dalam darah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Penyakit diabetes memang tak bisa disembuhkan. Namun penderita diabetes bisa mengendalikan penyakit itu. Jika hal itu dilakukan dengan baik, bukan tak mungkin penderita diabetes tetap sehat dan bahkan bisa lebih sehat dibandingkan orang normal.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endrokin Metabolik Diabetes dari Rumah Sakit Darmo, Prof. Dr.dr. Agung Pranoto,MSc, SpPD-KEMD, FINASIM mengatakan, menurut studi, pasien diabetes dikatakan paling sehat ketika tensi dan kolesterolnya mencapai target, kadar gula darahnya terkontrol dan intensifikasi pengobatannya berjalan baik.

"Selain itu, orang diabet yang paling sehat itu kalau obesitasnya bisa diatasi, karena obesitas mengeluarkan hormon jahat yang merusak pembuluh darah," ujar Agung kepada VIVA.co.id saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menu Sarapan untuk Anak Penderita Diabetes

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) ini mengatakan, rutin kontrol ke dokter bukan jaminan sehat bagi pasien diabetes. "Orang diabet yang kontrol rutin itu tidak berarti gulanya well controlled. Yang kontrol rutin dan gulanya well controlled itu hanya 30 persen karena kendali sehat ada di pasien. Kalau gaya hidupnya tidak sehat yang sama saja," ujarnya menambahkan.

Untuk Anda yang ingin mencegah diabetes, ia menyarankan untuk melakukan gaya hidup sehat seperti berolahraga rutin, mengonsumsi makanan sehat, berhenti merokok dan minum minuman beralkohol dan sebagainya. Selain itu, lakukan deteksi dini sebelum terjadi komplikasi agar dapat ditangani dengan cepat.

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Agung mengatakan, jika kadar gula setelah puasa di atas 70, berapapun angkanya yaitu antara 70 hingga 99 dan kadar gula dua jam setelah makan antara 70 hingga 140 masih dikategorikan normal. "Kalau periksa dua tahun sekali itu terlambat. Harus setahun sekali. Apalagi kalau ada faktor risiko."

(mus)

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016