Mengenal Benjolan di Tangan Bernama Ganglion

Ganglion
Sumber :
  • Nyboneandjoint
VIVA.co.id
Tips Redakan Asam Lambung untuk Lansia
- Ada sebagian orang yang di tangannya memiliki benjolan kecil. Setelah diselidiki, ternyata benjolan itu bernama ganglion. Ia adalah benjolan kista yang sebenarnya tidak berbahaya, namun cukup mengganggu aktivitas harian, terutama saat sedang bekerja.

Tips Memilih Pendingin Ruangan yang Ramah untuk Anak

Dokter Rahajeng dari laman
Karena Tikus, Banyak Warga Bantul Meninggal Dunia
Meetdoctor menjelaskan, kista ganglion atau ganglioma berasal dari pembengkakan yang terjadi di sekitar sendi atau tendon tangan dan kaki, paling sering ditemukan pada pergelangan tangan dan jari. “Menurut referensi medis, penyebab dari timbulnya kista ini sampai saat ini belum diketahui,” ujar sang dokter.


Kista ini jinak dengan ukurannya bervariasi, dapat terlihat membesar, namun tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Seperti namanya, kista ganglion terbentuk atas kantong kista yang isinya cairan kental dan jernih.


Ganglion bila sudah besar dapat menekan saraf setempat, sehingga menimbulkan keluhan seperti kesemutan, ngilu atau nyeri. Namun, bila ganglion masih kecil dan tidak ada keluhan, maka ia tidak masalah.


Referensi medis menyatakan, untuk penanganannya, diperlukan tindakan pembedahan. “Pembedahan kista ganglion yaitu dengan mengangkat cairan berikut kantong kista, sehingga kecil kemungkinan kista tersebut dapat timbul kembali (4-10 persen),” tutur sang dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya