Dokter, Apa yang Menyebabkan Penyakit Kutil Kelamin?

Ilustrasi logo kesehatan
Sumber :
  • Freewallpaper
VIVA.co.id
Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia
- Ada sebagian orang (pria atau wanita) yang merasa tidak nyaman dengan alat kelaminnya, karena terkena penyakit kutil kelamin. Dokter Deffy Leksani dari laman
Meetdoctor
Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional
menjelaskan, kutil kelamin, merupakan salah satu jenis penyakit seksual menular yang umum. Kondisi ini disebabkan humanpapilloma virus (HPV).
Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Penularan penyakit ini, terjadi melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang telah terjangkit virus itu sebelumnya. Rentannya seseorang tertular kutil kelamin, biasanya ditunjang beberapa faktor risiko, seperti melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda tanpa pelindung, melakukan hubungan dengan seseorang yang riwayat kehidupan seksualnya tidak diketahui, dan aktif seksual sejak usia remaja.


“Selain itu, seseorang juga lebih rentan terkena kutil kelamin jika sebelumnya pernah menderita penyakit menular seksual lain. Ciri-ciri kutil kelamin adalah, menyerupai bintik atau benjolan berwarna merah muda atau abu-abu,” ujar Deffy.


Beberapa bintik tersebut, ada yang tumbuh berdekatan dan terlihat seperti kembang kol. Bahkan kutil kelamin bisa menjadi semakin banyak dan membentuk kelompok besar. Namun untuk memastikan, ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, agar diketahui secara pasti, apakah yang dikeluhkan merupakan kutil kelamin atau tidak.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya