Apa Fungsi Mengunyah Permen Karet bagi Kesehatan?

Permen karet
Sumber :
VIVA.co.id
Selama 24 Tahun, Dinding Ini Penuh Permen Karet
- Dari beberapa artikel kesehatan yang kita baca, diketahui rajin mengunyah permen karet itu bagus, karena bisa menghasilkan banyak ludah. Namun pertanyaannya, apa fungsi ludah bagi tubuh manusia? Dan apa benar, sering menelan permen karet bagus, karena ia bisa membuat perut kenyang terus?

Stres Berat, Redakan dengan Permen Karet

Untuk menjawab hal ini, dokter Deffy Leksani dari laman
Unik, Patung Bison Dibentuk dengan Permen Karet
Meetdoctor menjelaskan, ludah manusia berfungsi untuk memudahkan menelan makanan. “Ludah berfungsi membasahi dan melumasi makanan, sehingga mudah ditelan,” ujarnya.


Selain itu, ludah ampuh melindungi selaput mulut terhadap suhu panas, dingin, asam, dan basa. Fungsi kelenjar ludah untuk menghasilkan ludah, yang mengandung enzim, air, lendir yang berperan dalam proses pencernaan makanan, khususnya pencernaan di tahap pertama.


“Pencernaan tahap pertama, di mulut, tempat dikunyahnya makanan menggunakan gigi. Namun, tidak benar kalau ada yang berpikir, mengonsumsi permen karet, dapat mengatasi rasa kenyang, karena bentuknya yang kenyal,” katanya.


Justru bila permen karet tertelan, dapat membawa dampak kesehatan. Karena, teksturnya sulit dicerna, sehingga dapat mengakibatkan masalah pencernaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya