Ini Tanda-tanda Munculnya Kanker Payudara

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id - Banyak wanita takut terkena kanker payudara. Namun sayangnya belum banyak yang tahu, apa saja tanda-tanda penyakit ini. Dokter Deffy Leksani dari Meetdoctor menjelaskan, payudara yang normal memiliki kelenjar susu yang terkoneksi kepermukaan kulit (puting), melalui pembuluh sempit.

Kelenjar dan pembuluh tersebut ditopang jaringan ikat yang terdiri lemak dan material berserabut. Pembuluh darah, saraf dan saluran-saluran lain ke getah bening, membuat sebagian besar sisa jaringan payudara.

“Semua anatomi payudara itu terdapat di atas otot dada. Kanker payudara awalnya terbentuk oleh tumor kecil atau kalsium deposit, kemudian menyebar melalui saluran-saluran ke getah bening atau melalui aliran darah ke organ lain,” ujarnya.

Tumor dapat tumbuh dan menyerang jaringan di sekitar payudara, misalnya kulit atau dinding dada. Kanker ini terjadi di jaringan payudara, terutama di saluran susu (ductal carcinoma) atau di kelenjar (lobular carcinoma). Berikut gejala-gejala kanker payudara:

- Terdapat benjolan di payudara atau bawah lengan walaupun menstruasi sudah selesai.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

- Pembengkakan di ketiak.

- Lekukan di payudara.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

- Perubahan kontur, tekstur dan temperatur pada payudara (kulit menjadi kemerahan atau berbintik seperti kulit jeruk).

- Perubahan pada puting, misalnya, jadi mengarah ke dalam, gatal, rasa terbakar, koreng (adalah gejala dari Paget's disease yang merupakan kanker lokal).

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

- Keluar cairan dari puting (bening atau merah darah).

- ‘Marble area’ (seperti marmer) di bawah kulit.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya