Dokter: Tidak Semua Penderita Sinusitis Harus Dioperasi

Ilustrasi sinusitis
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Ada pemikiran di masyarakat bahwa penyakit sinusitis hanya dapat sembuh jika dioperasi. Padahal, kalau bicara operasi, banyak orang yang takut melakukannya, karena membayangkan rasa sakit, dan tentu saja biaya mahal yang harus dikeluarkan.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Namun, dokter Deffy Leksani dari laman
Hilangkan Depresi dengan Lari
Meetdoctor menjelaskan, tidak semua pengobatan sinusitis memerlukan operasi. “Hal ini tergantung bagaimana sinusitis itu. Jika dokter menemukan indikasi diperlukan operasi, baru dilaksanakan. Jika sampai operasi, itu kemungkinan sinusitis yang diderita tidak dapat ditangani obat,” ujarnya.


Namun, jika sinusitis ringan dan baru terjadi, biasanya diberi obat pereda rasa nyeri dan dekongestan, untuk mengurangi gejala hidung tersumbat.


Sinusitis akut, umumnya hilang sendiri dalam waktu tiga bulan. Biasanya seseorang yang mengalami fase ini, diberi pengobatan, sehingga diharapkan lendir di rongga sinus hilang. Namun, jika ternyata tidak ada perubahan dan makin memburuk, dokter akan menyarankan operasi.


Jangan lewatkan program interaktif #dokterVIVA bersama MeetDoctor setiap hari Rabu, pukul 10.00-12.00 WIB di Facebook VIVAlife, Twitter @VIVAlife_ dan Periscope VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya