Ini Penjelasan Volume Haid Wanita Berubah-ubah

Ilustrasi menstruasi
Sumber :

VIVA.co.id - Ketika datang bulan, seorang wanita biasanya cemas, saat mendapati fakta, ternyata menstruasinya sedikit, atau malah terlalu banyak lebih dari yang biasa. Sebenarnya, apa yang terjadi? Mengapa volume haid seorang wanita kadang bisa berubah-ubah? 

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Dokter Deffy Leksani dari Meetdoctor menjelaskan, darah haid yang keluar saat seorang wanita datang bulan memang tak selalu sama. Kadang jumlahnya sedikit, hanya flek-flek cokelat yang selesai dalam tiga hari. Tapi, di bulan berikutnya, bisa jadi melonjak sangat banyak dan bentuknya gumpalan.

“Gangguan haid karena volume darah haid dibedakan menjadi dua, yaitu karena hipomenorrhea dan hipermenorhhea. Hipomenorrhea terjadi jika volume darah haid kurang dari 3 pembalut sehari, sedangkan hipermenorhhea, jika volume darah haid lebih dari 5 pembalut sehari,” ujarnya. 

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Penyebab bisa dari sedikitnya volume darah haid atau lamanya haid kurang dari tiga hari, misalnya karena kelainan bawaan rahim yang kecil (hipoplasia), kelainan hormon karena rendahnya hormon estrogen-progesteron. Banyak sedikitnya darah haid yang keluar, dipengaruhi penebalan dinding rahim yang bisa diketahui lewat USG.

Penjaga toko kue alami tindakan asusila

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Riska (20) seorang pegawai di sebuah toko kue daerah Depok, Jawa Barat, menjadi korban tindakan asusila. Saat itu, korban sedang jaga toko sendirian dan tiba-tiba datang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024