Bunda, Ini Berbagai Perkembangan Bayi di Usia 4 Bulan

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Seorang ibu yang baru melahirkan biasanya akan terus memantau perkembangan anak. Saat memasuki empat bulan, biasanya hal apa saja yang mulai bisa dilakukan seorang anak?

Dokter Deffy Leksani dari Meetdoctor menjelaskan, di usia empat bulan, bayi akan semakin memiliki banyak kemampuan, termasuk untuk memberikan respons pada orang-orang terdekat.
 
“Kemampuan motoriknya pun semakin berkembang. Menginjak usia empat bulan, bayi akan menunjukkan perkembangan pesat, ia mulai mengenali kondisi sekitarnya. Bahkan, bayi juga sudah dapat merespons orangtuanya dengan tersenyum, tertawa, mengeluarkan suara lirih atau suara lembut khas bayi,” ujar Deffy.

Dari sisi perkembangan fisik, pada usia empat bulan, pertumbuhan bayi akan tampak jelas di berat badan. Berat badan bayi bisa dua kali lipat dari bobot tubuhnya saat lahir.

Ajari Anak Mandiri Bisa Dimulai Sejak Usia di Bawah 1 Tahun

Hal lain yang mengalami kemajuan adalah kemampuan motorik. Tangan bayi akan semakin aktif menggerakkan mainan atau benda apa saja yang dapat diraihnya.

Jika digendong, bayi akan aktif menyentuh wajah, rambut dan bagian tubuh lain yang dapat dicapainya. Oleh karena itu hindarkan bayi dari benda tajam, termasuk perhiasan yang dipakai di tubuh, saat menggendongnya.

Cara kreatif seorang ibu.

Ibu Ini Punya Cara Kreatif Ajarkan Anak Bersih-bersih Rumah

Banyak cara kreatif ajarkan anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016