Ini Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Pilih Sikat Gigi

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Lima Kebiasaan yang Memperburuk Gigi Sensitif
- Kesehatan gigi dan mulut seringkali disepelekan oleh banyak orang. Padahal, begitu banyak dampak buruk yang dapat Anda alami hanya dengan mengabaikan perawatan gigi dan mulut.

Tips Mengatasi Gigi Sensitif
Hal yang paling penting yang harus Anda lakukan mulai sekarang untuk memiliki gigi dan mulut yang sehat adalah dengan tidak sembarangan dalam memilih sikat gigi yang tepat.

Menderita Gara-gara Sikat Gigi Elektrik
"Penggunaan sikat gigi yang kurang tepat selain dapat membuat kebersihan mulut kurang optimal akibat plak yang masih menempel, namun juga dapat menimbulkan masalah lain seperti cedera gusi yang pada akhirnya akan mengakibatkan abrasi dan resesi gusi dan kemudian membuat gigi menjadi lebih sensitif," ungkap drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia Tbk. 

Pada saat ditemui di acara Peluncuran Sikat Gigi Pepsodent Double Care Ultra Sensitive di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis 3 November 2015, ia juga mengingatkan pentingnya cermat memilih sikat gigi yang tepat agar terhindar dari masalah gigi dan mulut. Mirah juga memberikan beberapa tips dalam memilih sikat gigi yang tepat.

Ukuran kepala sikat gigi

Pilih kepala sikat gigi yang ukurannya sesuai dengan rongga mulut. Menurut Mirah, hal tersebut bertujuan untuk memudahkan sikat menjangkau seluruh permukaan rongga mulut. 

Bulu sikat gigi

Perhatikan untuk memilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang halus, atau sedang. Sebab, bulu sikat yang terlalu kasar, atau jeras dapat merusak gigi, akar gigi, dan lapisan terluar gigi. Selain itu, pastikan Anda menyikat gigi dengan tekanan sedang.

Gagang sikat gigi

"Sebisa mungkin pilih sikat gigi dengan leher tiga sudut, karena itu dirancang dengan desain ergonomis peralatan dokter gigi, sehingga mampu menjangkau bagian gigi paling belakang," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya