Waspada, Duduk Terlalu Lama Menyebabkan Kematian

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Saat ini, semakin banyak ditemui orang dengan berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, kolesterol. Gaya hidup sering dijadikan kambing hitam dari munculnya berbagai penyakit tersebut.

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat sebenarnya sudah semakin tinggi. Hal ini bisa dilihat dari minat mereka untuk konsumsi makanan sehat dan tentu saja dengan semakin banyaknya yang mendatangi pusat kebugaran.

Sayangnya, tidak semua yang mengikuti olahraga tersebut bertujuan untuk kesehatan, namun lebih agar penampilannya keren. Sebagian besar orang yang berolahraga, tidak menyadari bahwa ketidak aktifan mereka bisa menyebabkan kematian. Sekitar 3,2 juta org meninggal di seluruh dunia setiap tahun karena faktor risiko ini.

Penelitian dari Wen and Wu Lancet mengatakan, bahwa sitting is the new smoking. "Satu rokok bisa mengurangi 10 menit waktu hidup, sedangkan duduk selama 2 jam sama dengan kehilangan 10 menit waktu hidup," ujar Sekjen Perhimpunan Osteoporosis Indonesia ( PEROSI) dr.Andi Kurniawan, Sp.Ko yang ditemui di acara Anlene#MoveNow, fX, Jakarta Pusat, 6 Desember 2015.

Physical inactivity juga menjadi penyebab kematian ke empat di dunia. Oleh karena itu, pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa bergerak itu penting.

Menyadari pentingnya untuk tetap bergerak, Anlene mempelopori programĀ  tanda pagar Move Now di media sosial dan video.

"Agar tulang tetap kuat dan sehat, penting untuk bergerak aktif atau olahraga secar rutin juga konsumsi nutrisi yang tepat" ujar Andi.

Dian Sastro sebagai brand ambassador untuk gerakan move now ini mengatakan tentang pentingnya olahraga untuk memdapat mental yang kuat.

Lutut Sering Bergetar? Waspada Pengapuran Tulang

"Olahraga penting untuk hidup aku, karena aku jadi ibu dan olahraga itu biasanya membentuk mentalitas kita," kata Dian.

Sebagai informasi, data dari Perosi, sekitar 68 persen orang Indonesia sadar pentingnya kesehatan tulang, namun dari orang yang sadar akan pentingnya kesehatan tulang, ada sekitar 61 persen orang yang tidakĀ  berolahraga teratur tapi ternyata khawatir akan masalah tulang. (ren)

Ilustrasi kerja di kantor

Tips Tetap Sehat Meski Bekerja Seharian di Depan Komputer

Luangkanlah waktu untuk meregangkan otot-otot agar tubuh lebih segar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2016