Ini Waktu yang Tepat untuk Bersihkan Karang Gigi

Ilustrasi gigi.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Lima Kebiasaan yang Memperburuk Gigi Sensitif
- Kalkulus gigi atau yang biasa disebut karang gigi terbentuk dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi atau perikel dan bakteri.

Tips Mengatasi Gigi Sensitif
Di dalam mulut terdapat lebih dari 350 jenis bakteri yang dapat menyebabkan karies. Jika banyak sisa makanan yang tidak dibersihkan, bakteri akan mencernanya dan lama kelamaan menyebabkan karang gigi.

Menderita Gara-gara Sikat Gigi Elektrik
Untuk menghilangkannya, Anda perlu pergi ke dokter gigi untuk melakukan scalling atau pembersihan karang gigi menggunakan alat khusus bernama scaller.

Lalu, kapan sebaiknya memeriksakan gigi dan membersihkan karang gigi ke dokter?

Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia Tbk, Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc menganjurkan untuk mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan gigi secara keseluruhan sekaligus untuk membersihkan karang gigi.

"Kalau untuk karang gigi sendiri biasanya karena akumulasi plak yang sudah mulai mengeras menjadi karang gigi. Kalau sudah begitu, mau pakai sikat gigi apapun, dengan cara bagaimana pun, dengan pasta gigi apapun, tidak akan lepas dengan sendirinya. Jadi memang harus datang ke dokter gigi untuk kontrol dan juga dilakukan pembersihan karang gigi," ujar Mirah kepada VIVA.co.id.

Banyak orang yang menyepelekan karang gigi, terutama para orangtua, karena kelihatannya karang gigi mencengkram gigi dan menutupi permukaan gigi sehingga saat mengonsumsi apapun tidak akan terasa ngilu. Namun, Mirah mengatakan, inilah mengapa karang gigi disebut silent killer.

"Karena efek dari racunnya itu sampai ke jaringan pendukung di gigi. Nantinya gigi bisa goyang hingga akhirnya tanggal. Jadi penting sekali untuk datang ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk melakukan pembersihan karang gigi," ujarnya menambahkan.

Meski demikian, dokter gigi juga bisa melihat cara seseorang merawat gigi mereka sehari-hari. Jika memang cara Anda menyikat gigi sudah tepat dan makanan yang dikonsumsi baik, biasanya dokter akan menganjurkan kontrol dan pembersihan karang gigi dilakukan setahun sekali. 

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya