Yuk, Belajar Kelola Porsi Makan Sehari-hari

Wanita makan buah apel.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Untuk memiliki kondisi kesehatan tubuh yang prima, memiliki berat badan yang ideal adalah hal wajib. Tentu saja dalam mendapatkan berat badan ideal kuncinya adalah jumlah kalori yang dikeluarkan tubuh harus lebih banyak dari jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Tips Mudah Pangkas Bobot Tubuh 5 Kilo Satu Bulan

Untuk itu, sangat penting untuk mengatur porsi makan Anda. Nicola Putri Sasmita Sgz, Ahli Gizi dari Dapur Desnina, bisnis katering makanan sehat tradisional Indonesia mengatakan, dalam sehari manusia rata-rata membutuhkan 2.000 kilo kalori. Jumlah kalori yang dibutuhkan disesuaikan dengan berbagai aspek mulai dari jenis aktivitas, berat badan, usia dan masih banyak lagi.

"Kalau sehari 2.000 kan berarti jika dibagi tiga kali makan, sekali makannya sekitar 600 atau 700 kilo kalori. Tapi kan kita pasti juga ngemil dan minum minuman berkalori jadi sekali makan porsinya sebaiknya 500 kilo kalori lah," ujar Nicola.
Ketahui Porsi Makan Wajib untuk Si Kecil

Ahli gizi lulusan Universitas Indonesia itu juga mengatakan bahwa 500 kilo kalori untuk sekali makan harus terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, dan nutrisi lainnya.
Cara Nadia Mulya Turunkan Bobot Tubuh Pasca Melahirkan

"Jadi untuk menyantap satu porsi makan yang ideal harus benar-benar dihitung. Tidak boleh semuanya karbohidrat," kata dia.

Anda juga wajib mengetahui berapa kebutuhan sehari-hari tubuh akan nutrisi-nutrisi tertentu seperti lemak yang kebutuhannya hanya 10 persen dalam sehari.

Nah, sedangkan untuk orang yang ingin berdiet untuk menurunkan berat badan, Nicola mengatakan jumlah kalori yang harus dikonsumsi per hari rata-rata sebanyak 1.500 kilo kalori.

"Tapi kembali lagi disesuaikan dengan jenis aktivitas, berat badan, dan lain-lain," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya