Hepatitis A Mewabah di IPB, Ini Cara Cegah Penularannya

Kesehatan liver.
Sumber :
  • biospectrumindia

VIVA.co.id - Penyakit Hepatitis A mewabah di kampus Institut Pertanian Bogor. Berdasarkan informasi terakhir, mahasiswa IPB yang menderita penyakit Hepatitis A berjumlah 28 orang.

Waspada, Virus Hepatitis Mengintai di Usia Aktif



Atas peristiwa tersebut, IPB menyebut kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB). Dalam beberapa kasus, penyakit ini memang hanya memberikan sedikit atau tanpa gejala terutama bagi yang masih muda. Untuk itu, penyakit ini tetap harus diwaspadai.

Menyoroti hal ini, mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan bahwa ada sembilan cara ampuh yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penularan penyakit Hepatitis A.

"Penularan Hepatitis A antara lain melalui fekal oral dan kontaminasi makanan. Berikut disampaikan sembilan cara pencegahan yang dapat dilakukan masyarakat luas," tulis Tjandra kepadaVIVA.co.id melalui pesan singkat pada Minggu, 13 Desember 2015.

Pertama, ia mengatakan anjuran untuk mencuci tangan sebelum masak, sebelum makan dan setelah keluar toilet. Lalu kedua, selalu mencuci alat-alat masak dan alat makan.

Kemudian, dapur harus selalu dalam keadaan bersih, termasuk tidak ada binatang seperti serangga dan yang lainnya. Termasuk  sampah padat dan cair juga dikelola dengan baik.

"Keempat, gunakan air yang bersih dan bahan makanan yang baik. Pilih bahan makanan yang segar, proses memasak yang benar dan baik, cuci buah dan sayur dengan baik, tidak menggunakan bahan makanan yang sudah kedaluwarsa," ujar Tjandra.

Tjandra melanjutkan, bahwa penting sekali memasak makanan hingga matang, terutama daging sapi, ayam, telur, seafood, rebus sup hingga 70 derajat celsius. Lalu, memisahkan bahan makanan matang dan mentah dengan menggunakan alat dapur dan alat makan yang berbeda, serta menyimpannnya di tempat berbeda.

Kemudian menyimpan makanan si suhu aman, dianjurkan untuk tidak menyimpan makanan matang di suhu ruangan terlalu lama. "Masukkan makanan ke dalam lemari es bila ingin disimpan, sebelum di hidangkan, panaskan sampai lebih dari 60 derajat celsius, serta jangan terlalu lama disimpan di lemari es," katanya.

Kedelapan, tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang kotor dan berjamur, dan yang terakhir adalah selalu menjaga kebesihan dan sanitasi lingkungan dan pribadi.

Ilustrasi/Petugas kesehatan

Kerugian Besar Akibat Hepatitis

"Penyakit ini bisa jadi bom waktu di tiap negara."

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016