Buang Angin Rutin Tanda Tubuh yang Sehat, Kata Pakar

Ilustrasi sakit maag.
Sumber :
  • VIVAlife
VIVA.co.id
11 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih dan Susu
- Meski terkadang memalukan saat melakukannya di tempat-tempat umum, namun faktanya buang angin secara rutin adalah tanda bahwa Anda mengonsumsi makanan sehat.

Alasan Tubuh Butuh Asupan Antioksidan dari Luar
Menurut para ahli kesehatan, buang angin rutin merupakan tanda tubuh yang sehat karena angin yang mengalir keluar tubuh mencegah perut kembung.

Obesitas Bakal Jadi Faktor Risiko Utama Diabetes
"Kami melihat mereka yang mengonsumsi gandum utuh memiliki kondisi lambung yang seat dan buang angin secara rutin seharian," ujar Stine Vulholm, ahli kesehatan dari University of Copenhagen, Denmark, dikutip dari Times of India.

Sebaliknya, Vulholm mengatakan bahwa orang yang tidak mengonsumsi gandum utuh merasa lebih kembung dan lelah selama periode yang sama.

Makanan gandum utuh berarti makanan yang mengandung semua nutrisi esensial dan alami yang terkandung di dalam biji gandum.

Sedangkan, makanan yang bukan gandum utuh biasanya terbuat dari sekam atau bagian gandum lain yang kandungan serat dan vitaminnya telah dibuang.

Dalam studi yang belum lama ini dilakukan, para peneliti, merekrut 75 peserta untuk menganalisis efek makanan gandum utuh pada usus.

Vulholm mengatakan beberapa kali ke kamar mandi dalam sehari untuk buang angin mungkin memang akan terasa sedikit kurang nyaman, namun itu merupakan tanda dari kesehatan tubuh yang baik.

"Mungkin itu juga tidak nyaman secara sosial, tapi sangat baik untuk membuang angin tersebut. Jika tidak gas di dalam usus bisa menyebabkan nyeri perut dan membuat Anda merasa kembung," ujar dia.

Sebagai informasi, studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa mengonsumsi gandum utuh juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe dua dan dapat membantu Anda mengelola berat badan. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya