Perlukah Obat Antibiotik untuk Tangani Flu?

Ilustrasi penderita sinus
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Semua orang pasti pernah mengidap flu, karena penyakit ini terjadi akibat infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan penderita, di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, kehilangan nafsu makan, serta sakit tenggorokan.

Penyebaran virus flu umumnya melalui bersin dan batuk dari penderita atau dari benda yang pernah disentuh penderita. Lalu muncul pertanyaan , apakah perlu obat antibiotik agar penyakit flu cepat sembuh?

Menjawab pertanyaan ini, dokter Deffy Leksani dari Meetdoctor menjelaskan bahwa flu disebabkan karena adanya paparan virus, lebih tepatnya virus influenza sehingga dalam penanganannya tidak diperlukan pemberian antibiotik untuk menyembuhkannya.

“Antibiotik diberikan ketika seseorang terkena infeksi akibat bakteri, bukan oleh virus. Dan pada umumnya jika seseorang terkena virus, maka virus akan memiliki sifat self limiting, sehingga tanpa pengobatannya pun, maka akan sembuh dengan sendirinya, kurang lebih 7 hari,” ujarnya.

Yang diobati justru gejala yang menyertainya, seperti sakit kepala, demam, dan sebagainya. Langkah utama untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Bagi pengguna kendaraan umum, disarankan untuk memakai masker saat bepergian.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Jangan lewatkan program interaktif #dokterVIVA bersama MeetDoctor setiap hari Rabu, pukul 10.00-12.00 WIB di Facebook VIVAlife, Twitter @VIVAlife_ dan Periscope VIVA.co.id.

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017