Cek Kesehatan Payudara Anda dengan Cara Ini

Ilustrasi Peduli kanker payudara
Sumber :

VIVA.co.id - Wanita memiliki risiko terkena kanker payudara. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan pemeriksaan payudara sendiri atau disebut SADARI. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi sejak dini dan bisa dilakukan pengobatan lebih awal.

Empat Cara Memeriksa Hadirnya Kanker Payudara

Lakukan pemeriksaan rutin setiap bulan, antara hari ke-7 menstruasi hingga hari ke-10. Bagi wanita menopause, tentukan tanggal yang mudah diingat untuk melakukan SADARI.

Berikut ini cara melakukan SADARI, seperti diulas American Cancer Society:

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Pertama 

Berdiri tegak, cermati perubahan bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan atau perubahan pada puting. Jangan khawatir jika bentuk kanan dan kiri asimetris

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Kedua

Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala, dorong siku k edepan, cermati bagian organ tersebut. Kemudian dorong kembali siku ke belakang dan cermati bentuk juga ukuran dada. 

Ketiga

Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan hingga bagian tersebut menggantung dan dorong kedua siku ke depan, kencangkan otot dada.

Keempat

Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku hingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Gunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan daerah payudara dan cermati seluruh bagian dada kiri hingga daerah ketiak

Kelima

Buat gerakan lingkaran-lingkaran kecil dari atas ke bawah, melingkari daerah payudara, serta tepi payudara ke puting dan sebaliknya, kemudian ulangi gerakan yang sama pada bagian kanan, lalu cubit kedua puting, cermati bila ada cairan yang keluar, segera konsultasikan ke dokter.

Keenam

Berbaring dan letakkan bantal di bawah punggung, angkat lengan kiri ke atas dan cermati bagian kiri menggunakan tiga pola gerakan sebelumnya. Angkat lengan ke atas, dan lakukan pemeriksaan yang sama pada payudara kanan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya