Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Terlalu Banyak Makan

Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Ilmuwan Ungkap Rahasia Tetap Langsing Meski Banyak Makan
- Musim liburan akhir tahun adalah salah satu momen yang penuh dengan pesta dan perayaan dimana-mana. Namun, sudah menjadi hal yang umum bahwa di musim liburan orang-orang makan berlebihan. Lalu apa penyebabnya dan apa yang terjadi jika Anda makan terlalu banyak?

Wow, Gadis Cantik Ini Sanggup Makan 100 Roti Tawar
Dilansir dari Food World News, kapasitas perut manusia tidak sebesar yang dipikirkan banyak orang. Rata-rata perut orang dewasa dapat secara nyaman menampung sekitar satu liter makanan dan minuman. Lebih dari itu maka akan membuat perut merasa tidak nyaman.

Studi: Saat Stres Orang Susah Mengontrol Asupan Makanan
Tubuh manusia sangat fleksibel. Brooke Harcourt, seorang ahli gizi dan peneliti obesitas pada anak-anak dari Murdoch Childrens Research Institute mengatakan bahwa lubang perut yang tenang memiliki ukuran sebesar kepalan tangan dan ketika makanan memasuki perut, perut dapat melebar hingga mampu menampung empat liter makanan dan minuman.

Ketika seseorang makan terlalu banyak, ketidaknyamanan yang dirasakan disebabkan oleh perut yang menekan organ-organ lain seperti hati dan paru-paru.

"Dalam kasus yang buruk, itu akan sedikit menurunkan fungsi mereka sehingga semakin sulit untuk bernafas. Itulah mengapa banyak orang yang sering melonggarkan pakaian saat kekenyangan dengan melepas kancing celana mereka," ujar Dr. Harcourt.

Ia juga mengatakan bahwa makanan dan minuman di perut yang jumlahnya lebih dari empat liter mampu menyebabkan penyumbatan tiba-tiba, di mana sistem pencernaan berbalik arah dan Anda akan mengalami muntah-muntah. 

penyumbatan tiba-tiba ini dipicu tak hanya oleh terlalu banyak makanan yang ada di perut, namun juga karena tingkat keasaman pada sistem pencernaan meningkat.

Dalam kasus ini, nyeri perut yang luar biasa dapat terjadi. Belum lagi Anda akan bersendawa berulang kali karena tubuh mencoba membuang udara yang tidak diinginkan yang masuk ketika Anda  makan.

Untuk itu, agar Anda terhindar dari makan berlebihan, Dr. Harcourt mengatakan bahwa Anda harus mendengarkan tubuh Anda.

"Anda juga dapat mengonsumsi satu gelas air putih sebelum makan sehingga Anda sudah merasa sedikit kenyang. Air juga membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik," kata dia.

Dr. Harcourt menambahkan bahwa sebanyak 80 persen waktu dalam sehari, orang mengira diri mereka lapar, padahal mereka sebenarnya hanyalah merasa haus. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya