Tujuh Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Diet

Ilustrasi perut rata.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Tips Mudah Pangkas Bobot Tubuh 5 Kilo Satu Bulan
- Hal yang paling membahagiakan saat melakukan diet adalah adanya perubahan, mulai dari berkurangnya lemak perut, hingga bisa kembali menggunakan pakaian berukuran normal. Bila Anda terlalu terobsesi pada diet, terkadang justru malah membuat diet tidak berhasil.

Cara Nadia Mulya Turunkan Bobot Tubuh Pasca Melahirkan
Rob Hobson, ahli nutrisi, mengatakan bahwa sebagian besar orang melakukan diet yang sia-sia hanya karena membuat beberapa kesalahan kecil, seperti dilansir Daily Mail.

3 Hal Penting Pagi Hari Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Konsumsi berlebih kacang dan biji-bijian 

Ingat bahwa makanan bernutrisi tinggi juga tinggi kalori. Maka sebaiknya perhatikan ukuran makanan seperti kacang, biji-bijian, minyak, alpukat, dan buah kering. 

Menghindari karbohidrat

Mengurangi konsumsi karbohidrat bisa membantu menurunkan berat badan, namun jika benar-benar harus menjalani diet tanpa karbohidrat, coba kurangi dengan menambahkan beras cokelat, kentang, salad, dan sup.

Konsumsi banyak camilan

Camilan baik untuk mengurangi rasa lapar, namun saat tidak merasa lapar hindari konsumsi camilan. Jika tidak bisa meninggalkan camilan, pilihlah camilan yang sehat seperti telur rebus, tomat atau sup miso, buah berry dengan topping yogurt rendah lemak, atau salad.

Sering menimbang

Menimbang berat setiap minggu atau membuat target untuk kembali ke ukuran semula akan membuat patah semangat saat menyadari berat tubuh belum ideal. Jangan paksa diri terlalu keras untuk menjalani diet.

Hindari lemak

Lemak lebih tinggi kalori jika dibandingkan dengan protein dan karbohidrat, jadi jika mengonsumsi terlalu banyak makanan tersebut, bisa membuat tubuh gendut. 

Pilihlah porsi kecil dari lemak sehat seperti kacang, biji-bijian, alpukat, minyak kelapa dan minyak zaitun

Tidak realistis

Beberapa orang melakukan diet dengan secara terstruktur dan mengikuti aturan. Yang perlu diingat adalah saat melakukan diet, Anda perlu mengurangi asupan kalori dan tingkatkan aktifitas, buatlah target yang realistis, dan mintalah dukungan dari orang sekitar.

Bergantung pada makanan diet

Saat melakukan diet, beberapa orang memilih untuk mengkonsumsi makanan dengan label 'makanan sehat', namun hal ini terkadang justru membuat lebih lapar setelahnya, dan berakibat meningkatnya nafsu makan.

Cobalah untuk memasak sendiri makanan diet yang akan dikonsumsi. Makanan tersebut bisa tumis sayuran dengan protein seperti tahu, udang, atau salad. Selain itu, dengan tambahan sayuran, dan lemak sehat seperti kacang, alpukat, dan ditambah protein seperti tuna kaleng atau udang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya