Cara Mudah Cegah Lutut Nyeri

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Lutut adalah bagian tubuh yang sangat penting karena perannya untuk menopang berat badan, juga membantu untuk bergerak. Sayangnya, sedikit dari masyarakat yang menjaga lutut dengan baik.

Ada banyak kesalahan umum yang membuat lutut menjadi nyeri. Biasanya yang mengalami nyeri lutut adalah mereka yang kelebihan berat tubuh atau obesitas, atlet, bergerak tidak wajar atau berlebihan, penderita diabetes atau yang mengalami gangguan hormon tiroid.

Selain mereka, Anda yang terlalu sering duduk juga perlu berhati-hati karena berpotensi menderita nyeri lutut. Berikut ini cara mencegah lutut nyeri dan tetap sehat, seperti dilansir dari Times of India:

Berjalan


Sebisa mungkin perbanyak jalan secara rutin. Ini akan membantu peredaran darah di kaki menjadi lebih lancar, sekaligus dapat mengurangi bobot tubuh dan membuat Anda sehat. Jika Anda terlalu sering duduk, lakukan ini tiap dua jam sehari atau Anda bisa mengubah pola hidup dengan perbanyak jalan kaki.

Lari

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Lari juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan ketahanan lutut. Namun pastikan posisi tubuh Anda tepat dan jangan sampai aktivitas lari Anda berisiko mencederai lutut.

Berenang


Olahraga air ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, termasuk lutut. Berenang menjadi cara yang lebih menyenangkan, dan tidak perlu berkeringat. Renang dapat memperkuat otot-otot Anda, meningkatkan daya tahan. Banyak atlet melakukan renang untuk melatih daya tahan.

(mus)

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016